oleh

Ketua Sementara DPRD Mabar Melantik Tiga Anggota PAW

-DAERAH-745 views

Manggarai Barat,SwaraNTT.Net – Ketua Sementara DPRD Kabupaten Manggarai Barat, Darius Angkur, A.Md telah melantik tiga anggota DPRD Pergantian Antar waktu (PAW) masa jabatan 2019-2024. Acara pelantikan tersebut di laksanakan di ruang sidang utama gedung DPRD Mabar, Selasa (24/11/2020)

Ketiga anggota PAW yang di lantik Darius Angkur yakni Agustinus Jik dari PDI Perjuangan Dapil I, Hasanah dari PPP Dapil I, dan Yopi Widiyanti dari Partai Nasdem Dapil 3.

Agustinus Jik menggantikan Silverius Sukur,SP, yang telah mengundurkan diri untuk maju sebagai calon wakil bupati berpasangan dengan drh. Maria Geong,Ph.D, Calon Bupati (Paket MISI) Nomor 2.

Hasanah dari PPP Dapil I juga di lantik untuk menggantikan posisi Hj.Andi Riski Nur Cahya yang juga telah mengundurkan diri untuk maju sebagai calon wakil bupati berpasangan dengan Ir.Pantas Ferdinandus, calon bupati (Paket Pantas-Riski) Nomor 1.

Sementara Yopi Widiyanti dari Partai Nasdem Dapil 3 di lantik menggantikan posisi Edistasius Endi,SE, yang juga maju sebagai calon Bupati Manggarai Barat berpasangan dengan dr.Yulianus Weng, M.Kes, (Paket Edi-Weng) Nomor 3.

Ketiga anggota DPRD PAW terlantik itu langsung mengisi keanggotaan alat kelengkapan Dewan.

Sidang Istimewa yang dipimpin Ketua Sementara Darius Angkur itu, didampingi Wakil Ketua II DPRD Mabar, Marselinus Jeramun dan Bupati Kabupaten Manggarai Barat, Drs. Agustinus Ch. Dula.

Dalam acara pelantikan itu, mantan Ketua DPRD Mabar, Edistasius Endi, SE, hadir beserta sejumlah anggota DPRD dan para undangan.

Edistasius Endi usai mengikuti acara pelantikan mengucapkan selamat dan proviciat kepada ketiga anggota PAW yang di lantik.

“Proficiat dan selamat menjalankan tugas kepada 3 anggota PAW DPRD Mabar,” ucap Edi Endi.

Baca Juga :   Satgas Pamtas Yonif 623/BWU Mengajar Siswa Perbatasan RI-Malaysia

Sebelumnya, Sekretaris DPRD Mabar, David Rego menjelaskan, PAW anggota DPRD Mabar diatur jelas melalui ketentuan pasal 410 ayat (3) UU Nomor 17 Tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD dan DPR jo pasal 109 ayat (1) dan ayat (2) PP Nomor 12 Tahun 2018 tentang pedoman penyusunan tata tertib DPR, DPD, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten.

Pasal 109 berbunyi :

(1) Anggota DPRD yang berhenti antarwaktu sebagaimana dimaksud dalam Pasal 99 ayat (1) digantikan oleh calon Anggota DPRD yang memperoleh suara terbanyak urutan berikutnya dalam daftar peringkat perolehan suara dari partai politik yang sama pada daerah pemilihan yang sama.

(2) Dalam hal calon Anggota DPRD yang memperoleh suara terbanyak urutan berikutnya sebagaimana dimaksud pada ayat (1) mengundurkan diri, meninggal dunia, atau tidak lagi memenuhi syarat sebagai calon Anggota DPRD, Anggota DPRD sebagaimana dimaksud pada ayat (1) digantikan oleh calon Anggota DPRD yang memperoleh suara terbanyak urutan berikutnya dari partai politik yang sama pada daerah pemilihan yang sama.

“Anggota PAW yang dilantik langsung mengisi keanggotaan alat kelengkapan Dewan yang diganti. Tetapi terkait PAW Ketua DPRD tidak diatur secara jelas. Yang diatur hanya penunjukkan Ketua Sementara”, ujar David Rego di Kantor DPRD Mabar pekan lalu.

Jelasnya, kata David, untuk mengganti posisi Ketua DPRD Mabar pengganti Edi Endi itu hak Partai Nasdem yang memiliki kursi terbanyak di DPRD Mabar. Sesuai ketentuan, setelah pelantikan PAW DPRD, Ketua Sementara memberitahukan kepada partai Nasdem untuk segera mengusulkan calon ketua DPRD.

Laporan: Volta

News Feed