oleh

Ketua TP PKK Manggarai Tekankan Penerapan STBM di Desa Sample

Ruteng, SwaraNTT. Net – TP PKK Kabupaten Manggarai yang bekerjasama dengan PLAN Intenasional memilih 35 Desa di Kabupaten Manggarai sebagai Desa “sample” untuk melakukan monitoring dan supervisi STBM Gesi yang berlangsung sejak 9 April 2022 – 28 mei 2022.

Saat melaksanakan monitoring dan supervisi di Desa Todo pada Rabu, 27 April 2022, TP PKK Kabupaten bersama TP PKK Desa Todo bergerak dari rumah ke rumah untuk melakukan pemicuan.

Ketua TP PKK Kabupaten Manggarai Meldyanti Hagur Nabit yang memimpin langsung kegiatan pemicuan tersebut, meminta kepada para Kader agar mengecek lima pilar STBM pada setiap rumah yang dikunjungi.

Kelima pilar tersebut adalah
1. Stop buang air besar sembarangan;
2. Cuci tangan pakai sabun;
3. Pengelolaan air minum/makanan rumah tangga;
4. Pengelolaan sampah rumah tangga;
5. Pengelolaan limbah cair rumah tangga.

Setelah menelusuri rumah warga dan lokasi Pasar Todo, Ketua TP PKK Kabupaten Manggarai, Meldyanti Hagur M. Nabit meminta kepada seluruh Kader TP PKK Desa Todo untuk mengedukasi warga tentang pilar ke 4 dan ke 5 dalam STBM.

“Todo sudah menjadi aset pariwisata, mari bersama-sama mengedukasi warga Kita soal Pengelolaan sampah rumah tangga dan Pengelolaan limbah cair rumah tangga”, ujar Meldyanti.

Menurut Ketua TP PKK tersebut, salah satu segmen daya tarik dari pariwisata adalah tentang pengelolaan sampah. Desa Todo telah menjadi ikon pariwisata budaya di Kabupaten Manggarai sehingga masalah sampah harus segera diselesaikan dengan segera.

Baca Juga :   AMM Salurkan 500 Masker untuk Masyarakat Manggarai Timur

Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) adalah metode pendekatan untuk merubah perilaku higiene dan sanitasi melalui pemberdayaan masyarakat dengan menggunakan metode pemicuan.

Untuk diketahui, selain pemicuan di Lapangan, TP PKK Kabupaten Manggarai juga memaparkan sejumlah materi lain, diantaranya:
1. Penguatan Kapasitas TP PKK Desa
2. STBM GESI
3. Literasi Berbasi Masyarakat Desa
4. Diffabel

Selain memperhatikan STBM GESI di setiap rumah warga, Ketua TP PKK Kabupaten juga mengunjungi beberapa Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) dan Difabel.

Dalam kunjungan ODGJ dan Difabel, Ketua TP PKK Kabupaten berkoordinasi dengan Kepala Puskesmas Todo untuk penganan lebih lanjut.

Hadir dalam kegiatan tersebut adalah sebagai berikut, Camat, Kepala Desa, Perangkat Desa, PKK Desa, Tokoh masyarakat, Tenaga Kesehatan dan sejumlah tokoh adat.

News Feed