oleh

Keuskupan Ruteng Gelar Misa Perutusan, Pjs Bupati Manggarai Ajak Ciptakan Pilkada Damai

Ruteng,SwaraNTT.Net – Komisi Kerasulan Awam Keuskupan Ruteng, menyelenggarakan Misa Perutusan bagi Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Manggarai yang akan bertarung pada Pilkada serentak 9 Desember 2020 mendatang. Misa perutusan ini berlangsung di Gereja Katedral Ruteng,Selasa (27 /10/ 2020).

Perayaan misa perutusan ini dipimpin langsung oleh Uskup Ruteng, Mgr. Siprianus Hormat, Pr. Hadir dalam misa tersebut kedua Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Manggarai yaitu pasangan nomor urut 1 Deno Kamelus-Viktor Madur (paket Deno-Madur), dan pasangan calon nomor urut 2, Herybertus G.L. Nabit dan Heribertus Ngabut (paket Hery-Heri) serta tim pemenang dari kedua paslon. Kegiatan tetap mengikuti mengikuti protokol kesehatan.

Penjabat Sementara Bupati Manggarai, Dr. Zeth Sony Libing dalam sambutannya mengharapkan, kedua Pasangan Calon, mau pun yang hadir dalam perayaan tersebut, mampu memastikan bahwa ajang Pilkada Manggarai berjalan aman dan damai.

”Kita menginginkan Pilkada Damai, walaupun gesekan-gesekan dan riak-riak kecil adalah sesuatu yang sangat mungkin terjadi,” kata Zeth Sony Libing.

Meski demikian, Ia mengharapkan agar semua pihak dapat melakukan berbagai tindakan yang bersifat antisipatif. “Di titik inilah, harapan besar kami titipkan di pundak kontestan dan seluruh tim,” kata dia.

Ia menyampaikan 2 point penting yang harus dilaksanakan oleh masing-masing pasangan calon. Di antaranya dapat memastikan pasangan calon hanya akan melakukan kampanye damai, tidak memprovokasi dan tidak menghasut. Kedua, setiap pasangan calon harus dapat bertanggung jawab atas perilaku pendukungnya.

Baca Juga :   Yohanes Bretman Ditemukan Tewas Gantung Diri di Kamar

Zeth menambahkan, kampanye yang baik, adalah mereka yang mampu berusaha menjual keunggulan sendiri (kandidat yang didukung) dengan tidak menjelek-jelekkan atau menghina pasangan lain.

“Sukses Pilkada tidak hanya dihitung sampai pada penyelenggaraan atau pelantikan, tetapi terutama bagaimana pemimpin terpilih nanti bekerja menyejahterakan daerah ini,” imbuhnya.

Setelah Misa Perutusan selesai, langsung dilaksanakan Deklarasi Pilkada Damai di depan pintu utama Gereja Katedral Ruteng. Ini ditandai dengan pelepasan balon dan burung merpati.

Turut hadir dalam perayaan ekaristi perutusan ini diantaranya, Forkopimda Kabupaten Manggarai, KPU dan Bawaslu selaku penyelenggara, serta utusan partai politik.

Admin

News Feed