oleh

Kopkardios Ruteng Beri Kemudahan Pinjaman untuk Pemasangan Meteran Listrik

Ruteng, SwaraNTT.Net – Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Kopkardios Ruteng, Kabupaten Manggarai, NTT memberi kemudahan bagi Anggota yang mengajukan pinjaman pemasangan meteran listrik.

“Tahun 2020 ada 51 miliar uang yang dipinjam oleh Anggota untuk berbagai keperluan dan  pinjaman yang paling menonjol adalah pinjaman listrik” Jelas Romo Leonardus Eventius Noveri selaku ketua KSP Kopkardios kepada sejumlah Wartawan di Ruteng pada Jumaat (19/03/2021).

Dia mengatakan kebijakan itu diambil oleh pihak Kopkardios dalam rangka membantu Warga yang kesulitan dana untuk biaya pemasangan listrik

“Pinjaman listrik ini kami buat kebijakan khusus seperti kalau pinjaman biasa tunggu 3 bulan lalu hanya boleh 3 kali simpanan dulu sementara kalau pinjaman listrik kami berikan kemudahan  karena begitu akses listrik masuk banyak warga yang tidak ada dana” ujarnya.

Dia menjelaskan anggota yang melakukan pinjaman listrik, mereka tidak lagi berurusan dengan pihak PLN tetapi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pihak Kopkardios

“Untuk biaya pemasangan meteran listrik Anggota yang bersangkutan tidak lagi berurusan dengan pihak PLN tetapi sepenuhnya menjadi tanggung jawab Kita, Anggota hanya membayar ansuran tiap bulan ke Kita sesuai mekanisme yang ada” jelasnya.

Tahun 2021 Korpkardios sebut dia merencanakan penambahan Anggota baru sebanyak 1750 dan Wilayah pengembangan listrik baru akan menjadi target perekrkrutan Anggota.

Selain rencana penamabahan Anggota baru pihaknya juga menargetkan pertumbuhan aset sebesar 14 miliar rupiah meskipun itu dilakukan ditengah masa pandemic Covid-19.

Baca Juga :   Pertamina Reo Diminta Turut Aktif Bangun Manggarai Melalui Dana CSR

“Tahun 2021 kita merencanakan penambahan Anggota sebanyak 1750 dan Wilayah pengembangan listrik baru menjadi target perekrutan anggota. Selain itu kita juga menargetkan penambahan aset sebesar 14 Miliar rupiah” tambahnya.

Diketahui jumlah Anggota KSP Kopkardios Ruteng per tanggal 31 Desember tahun 2020 sebanyak 13.603 Anggota yang tersebar di Kabupaten Manggarai 6725 Anggota, Manggarai Timur 4061 Anggota dan Manggarai Barat 2817 Anggota dengan total aset sebesar 71.385.654.615 rupiah.

laporan: Hery Salus

News Feed