oleh

Langgar Prokes Covid-19, Sejumlah Warga di Kota Ruteng Diberi Sanksi Push UP

Ruteng, SwaraNTT.Net – Hari kelima belas (Selasa, 26/1/2021) gelar operasi penegakan protokol kesehatan Covid 19, Satuan Tugas Penanganan Covid 19 Kabupaten Manggarai memusatkan operasi pada sejumlah titik keramaian di seputaran Kota Ruteng.

Informasi yang diterima Media ini melalui pesan WhatsAPP yang dikirim pada Selasa 26/01/2021 beberapa titik operasi itu antara lain Pasar Inpres Ruteng, Pasar Puni, pusat pertokoan, ruko pemda, rumah makan, tempat usaha lainnya.

“Operasinya terpusat di temapat-tempat keramain antara lain Pasar Inpres Ruteng, Pasar Puni, Pusat Pertokoan, Ruko Pemda, Rumah Makan dan tempat usaha lainya” tulis Lody Moa selaku Juru bicraa satgas penanganan Covid-19 Kabupaten Manggarai.

Dalam operasi tersebut, petugas masih mendapati adanya warga yang tidak memakai masker, berkerumun, dan tidak menjaga jarak. Para pelanggar kemudian diberikan sanksi berupa teguran lisan, tertulis, dan sanksi lainnya berupa push up.

“Kita masih temukan Warga yang tidak pake Masker, berkerumunan dan tidak menjaga jarak, mereka kita beri sanksi berupa teguran lisan, tertulis dan teguran lainya” tambahnya

Kendati masih ditemukan pelanggaran, namun secara umum sebut Ketua PPNI Manggarai itu, berdasarkan pemantauan pihak Satgas Covid-19 warga Kota Ruteng pada umumnya sudah mulai menerapkan protokol kesehatan.

“Dari beberapa kali operasi, pantauan pihak Satgas Covid-19, umumnya Warga di Kota Ruteng sudah mulai menerapkan prokes” Ujarnya

Baca Juga :   Kapolsek Macang Pacar Tindak Tegas Pelaku Perjalanan Tanpa Masker

Dia mengatakan Operasi tersebut melibatkan dua bidang dalam Satgas Covid 19 yakni Bidang Penegakkan Hukum dan Pendisiplinan dalam hal ini unsur TNI, Polri, Dinas Perhubungan, dan Satpol PP dan Damkar, serta Bidang Komunikasi Publik dalam hal ini Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan dan Bagian Humas Polres Manggarai.

“Operasi ini kita libatkan dua bidang dalam Satgas Covid-19 yakni Bidang Penegakan Hukum dan Pendisiplinan dalam hal ini unsur TNI, Polri, Dinas Perhubungan dan Satpol PP serta bidang Komunikasi” tandasnya.

Sebagaimana diketahui hingga Senin (25/1/2021), berdasarkan laporan monitor harian Covid 19 Manggarai, total Rapid Antigen Positif sebanyak 773 orang dengan rincian sedang isolasi 709 orang dan selesai isolasi sebanyak 64 orang. Untuk kasus terkonfirmasi sebanyak 119 orang dengan rincian dirawat 17 orang, sembuh 97 orang, dan meninggal dunia sebanyak 5 orang. Selanjutnya kontak erat berjumlah 14 orang dan Suspek 8 orang.

Satgas Penanganan Covid 19 Kabupaten Manggarai menegaskan kembali sekaligus mengajak peran serta aktif seluruh Komponen masyarakat, agar terus meningkatkan kesadaran dan tanggung jawabnya untuk mematuhi protokol kesehatan dengan wajib memakai masker, wajib mencuci tangan dengan sabun, wajib menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

Bagi pelaku perjalanan wajib melakukan isolasi secara mandiri selama 14 Hari, wajib Rapid Test dan Swab Test. (HS)

News Feed