oleh

Launching RS Pratama Reo, Bupati Hery, Bukan Sekedar Memenuhi Janji Kampanye Tetapi Juga Karena Kepedulian

Manggarai, SwaraNTT.Net – Pembangunan RS Pratama Reo bukan sekedar memenuhi janji kampanye, tetapi lebih pada kepedulian terhadap sesama. Demikian disampaikan Bupati Manggarai Herynertus GL. Nabit saat melaunching Rumah Sakit Pratama Reo yang berlokasi di Kecamatan Reok Kabupaten Manggarai, NTT, Sabtu (16/09/2023). Bupati Hery didampingi Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Melky Lakalena.

Kedatangan orang nomor satu di Kabupaten Manggarai ini diterima secara adat yang diiringi tari-tarian dan juga Drumband dari SMK Mutiara Bangsa Reo.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai Bertolomeus Hermopan dalam sambutannya mengatakan Pembangunan sarana kesehatan seperti rumah sakit menjadi salah satu fokus pemerintah untuk menuntaskan masalah kesehatan yang kerap menjadi keluhan masyarakat

“keberadaan Rumah Sakit Pratama Reo, merupakan upaya Pemerintah Pusat  melalui Kementerian Kesehatan, untuk dapat senantiasa memberikan pelayanan kesehatan yang tentunya ber-Akselerasi pada prioritas pemerintah kabupaten Manggarai dalam upaya nyata Pemerintah Kabupaten Manggarai dalam meningkatkan derajat kesehatan yang setinggi-tingginya untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat” kata dr. Tomi

Rumah Sakit Pratama Reo jelas dr. Tomi dibangun pada Tahun 2022, dengan alokasi Anggaran sebanyak Rp. 45,773.497.000 juga ada Pengadaan Alat Kesehatan (ALKES) sebesar Rp. 14.999.291.083 yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Afirmasi pada Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai dan proses pelaksanaan pembangunannya tepat waktu.

Rumah Sakit Pratama Reo terdiri dari bangunan (fisik), peralatan kesehatan, dan instalasi pengolahan limbah, dengan kapasitas untuk 50 TT pasien pada ruangan rawat Inap, 7 TT Instalasi Gawat Darurat, 3 TT VK dan 5 TT pada Ruangan Nifas. Rumah sakit Pratama Reo ini dapat memberikan pelayanan antara lain pelayanan Gawat Darurat 24 jam, VK Bersalin 24 jam, Rawat Jalan (Poli Gigi, Poli Umum, KIA, Konseling Gizi, Klinik Sanitasi), Rawat Inap, Pemeriksaan Penunjang Laboratorium dan Apotek.