oleh

Lima Desa Di Kecamatan Reok Barat Krisis Air Minum Bersih

-DAERAH-2.825 views

RUTENG, SwaraNTT.net ~ Kekeringan dan krisis air minum bersih melanda sejumlah wilayah Desa di Kecamatan Reok Barat Kabupaten Manggarai.

Musim kemarau yang melanda di wilayah kecamatan Reok Barat tersebut mulai berdampak terhadap kebutuhan air bersih.

Sejumlah warga desa di daerah tersebut terpaksa harus rela membeli air dari pedagang air keliling demi memenuhi kebutuhan mereka, Jumat, 21/09/18

Dampak kemarau panjang tersebut sampai menyebabkan kekurangan air minum bersih terjadi dibeberapa Desa di Kecamatan Reok Barat seperti di Desa Sambi, Desa Lante, Desa Kajong, Desa Torong Koe, Desa Loce di dusun Talang, Desa Nggalak di Dusun Tureng dan Sambor.

Camat Reok Barat Karolus Jun mengungkapkan, Kekeringan yang melanda dibeberapa Desa di Kecamatan Reok Barat Tahun ini masih mending ketimbang tahun lalu.

“Di desa Kajong misalnya tahun 2017 lalu sebagian besar warga masyarakatnya untuk mendapatkan air minum bersih harus membeli air tangki tetapi pada tahun 2018 ini sudah mulai normal dikarenakan disumber mata airnya sudah dipagari keliling oleh pihak desa”.

Untuk tahun ini ungkap Camat Karolus Jun, yang sangat memprihatinkan adalah di desa Sambi dimana hanya ada satu (1) bak penampung air itupun sudah tidak terpakai lagi kerena pipanya sudah pada rusak.

Meski warga mengaku sudah kesulitan air bersih, namun hingga kini belum ada bantuan air bersih dari pihak Pemerintah Kabupaten. “Bantuan belum ada, sama sekali belum,” Ungkap Warga

Baca Juga :   Pesan Berantai Covid-19 Resahkan Warga Manggarai, Ini Penjelasan Satgas C19

Menurut warga untuk kebutuhan masak dan cuci piring saja warga rela mengantri mulai jam 03.00 pagi hanya untuk mendapatkan air minum bersih.

“Semoga pemerintah segera menyelesaikan masalah krisis air minum bersih di desa kami (Sambi) dimana setiap tahun kami selalu keurangan air minum bersih”, Ungkap seorang warga Desa Sambi. [Nathan/SN]

Komentar

News Feed