oleh

Mahasiswa Reok-Reok Barat Makassar Gelar Seminar Pertanian di Nggalak Reok Barat

-EKONOMI-3.711 views

MANGGARAI, SwaraNTT.Net Persatuan mahasiswa kecamatan Reok dan Reok Barat Manggarai Makassar (PEMAKERRBMA) mengadakan kegiatan seminar pertanian dan pelatihan pengolahan bahan pangan di kantor Desa Nggalak,Kecamatan Reok Barat, Kabupaten Manggarai, selasa 3/9/19.

Pada kegiatan seminar tersebut turut hadir, Kepala Desa Nggalak, Konradus Dain, perangkat desa, pihak kecamatan Reok Barat, PPL Kecamatan Reok Barat, tim penggerak PKK, dan warga Desa Nggalak.

Kepala Desa, Konradus Dain, dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada mahasiswa Reok-Reok Barat Makassar yang telah bersedia dan memilih Desa Nggalak untuk membagikan pengetahuan barunya.

“Saya atas nama pemerintah Desa Nggalak dan seluruh warga Desa Nggalak mengucapkan terima kasih atas kesedian para mahasiswa Reok-Reok Barat Makassar yang hadir saat ini. Kami sangat antusias dan bangga, karena kalian telah memilih Nggalak untuk mengadakan kegiatan yang berharga ini. Tentu ini menjadi pengalaman menarik bagi kami, karena bicara tentang pertanian sangat bersentuhan langsung dengan kehidupan masyarakat di sini”, Ucap Kades Nggalak.

Seminar ini mengetengahkan proses peningkatan kesejahteraan masyarakat desa melalui ekonomi kreatif berbasis pertanian.

Kegiatan seminar pertanian ini bertemakan “Dari Desa Membangun Indonesia”. Adapun pemateri dalam seminar ini yaitu Adrianus Harun, praktisi pertanian dan mahasiswa Manggarai Makassar.

Adrianus Harun menjelaskan, kegiatan seminar dan pengolahan pangan ini sangat penting bagi masyarakat dimana sebagian besar masyarakat di wilayah kabupaten Manggarai penduduknya bertani.

Baca Juga :   KSP Ricco Mandiri membantu Warga Manggarai Kembangkan Usaha

Lebih lanjut kata Harun, kegiatan ini diadakan agar menginspirasi bagi petani untuk lebih kreatif dan mencitai pekerjaannya.

Usai kegiatan seminar, mahasiswa Manggarai Makassar juga mengadakan pelatihan pengolahan bahan pangan jahe kepada masyarakat desa Nggalak.

Selanjutnya kegiatan pelatihan pengolahan bahan pangan jahe ini dipandu oleh Bonefasius Samon selaku ketua.

Boni, menjelaskan bahwa jahe yang sudah dikemas itu merupakan hasil inovasi dan kerja keras mahasiswa Reok-Reok Barat Makassar hingga hasilnya bisa dikonsumsi.

“ jahe dalam kemasan ini merupakan hasil kerja kami di Makassar. Semoga dengan memperlihatkan produk ini, masyaraka bisa membudidayakan jahe untuk kemudian dibuat seperti ini”. Jelas Bonefasius Samon.

Sementara itu, sekretaris paguyuban PEMAKERRBMA Theresia Yolanda, menyampaikan terima kasih kepada masyarakat desa Nggalak untuk kerelaannya menerima mahasiswa Reok-Reok Barat Makassar.

 

Penulis: G. Setiawan

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 comment

News Feed