oleh

Menghadapi Cuaca Extrem, BMKG Meminta Masyarakat NTT Waspada dan Tetap Siaga

Kupang, SwaraNTT.Net – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) ElTari, kembali memberikan peringatan dini kepada seluruh masyarakat NTT, untuk berhati-hati dan tetap siaga menghadapi cuaca extrem, yang melanda seluruh wilaya NTT. selama beberapa hari kedepan.

Demikian di sampaikan kepala BMKG stasiun Eltari kupang, Agung Sudiono Abadi sejumlaj awak media dalam jumpa pers yang digelar di Gedung Sasando, Lantai satu, Kantor Gubernur NTT, Kamis (29/12/2022).

Lebih lanjut Dia menjelaskan Berdasarkan prediksi kondisi global dan prekiraan hujan secara regional yang diperkirakan BMKG, hujan dengan intensitas ringan hingga sangat lebat masih berpotensi di seluruh wilayah NTT selama periode sepekan kedepan.

“BMKG Eltari kupang mengeluarkan peringatan dini 7 harian, 3 harian, 1 harian, dan 3 jam. Itu kita update, jadi yang saya rilis disini untuk 7 hari kedepan hampir seluruh wilayah NTT mengalami potensi cuaca ekstrem. Ingat, kita bukan bicara badai tetapi bicara ancaman cuaca ekstrem,” kata Agung.

Agung juga menjelaskan, cuaca ekstrem ini melanda seluruh wilayah Indonesia, terutama Jabodetabek, Jawa seluruhnya, NTT, dan NTB.

“Pada tanggal 24-25 Desember terjadinya tropical cyclone ke Australia sehingga kita merasakan dampaknya pada tanggal 24-25 Desember 2022 hujan lebat disertai angin” jelas Agung.

Agung menjelaskan akan berpontensi gelombang tinggi, pada jumat 30 Desember 2022, wilayah NTT yang mengalami gelombang yang sangat tinggi terjadi di Samudra Sumba, Samudra Hindia, Selatan Kupang dan Rote.

“Dan arah angin yang bertiup dari Barat Daya sampai Barat Laut dengan kecepatan 8-30 knot, itu pada tanggal 30 Desember. Tanggal 31 Desember yang perlu diwaspadai gelombang 5-6 meter yang ekstrem itu di Samudra Hindia, Selatan Sumba, Sabu, Selatan wilayah Kupang, dan Rote. Tanggal 1-2 Januari 2023 juga sama,” jelasnya.

Untuk itu BMKG meminta kepada seluruh masyarakat dan pihak-pihak terkait melakukan persiapan antara lain: