oleh

Menjaga Keaslian Motif Tenunan Todo, ketua Dekranasda Manggarai: Akan Melakukan Pendampingan

-DAERAH, EKONOMI-1.018 views

MANGGARAI, SwaraNTT.Net – Keterlibatan semua pihak sangat dibutuhkan dalam rangka menyukseskan pengembangan ekonomi kreatif agar bisa lebih dikenal oleh publik dan pelayanan pariwisata lebih profesional di kampung Todo.

Demikian disampaikan ketua Dekranasda Kabupaten Manggarai, Meldy Hagur Nabit, saat diwawancarai, di kampung Todo, Desa Todo, Kecamatan Satarmese Utara, Kabupaten Manggarai, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Jumat (26/032021).

Ia juga mengapresiasi kepada Bank NTT Cabang Ruteng, karena telah mengembangkan ekonomi kreatif di kabupaten Manggarai.

“Kami menyambut baik ya. Tinggal nanti dari Pemerintah begitu juga dari Dekranasda, kami akan mengerjakan bagian kami untuk mendukung program ini,” tuturnya.

Terhadap para penenun, Ia menjelaskan akan melakukan pendampingan agar meningkatkan kualitas dan harus memahami setiap motif yang ditenun.

“Ibu-ibu penenun tidak asal menenun tetapi harus paham dengan histori-nya. Sebenarnya kain tenun Todo itu cuman ada satu namanya Kain Kemumu. Kedepan kami dari Dekranasda akan melakukan pendampingan terhadap para penenun,” tutup ketua Dekranasda Kabupaten Manggarai.

Sementara, Direktur Utama Bank NTT, Harry A. Riwu Kaho, mengatakan bahwa kehadiran Bank NTT merupakan bentuk dukungan dunia perbankan dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat melalui sektor pariwisata.

“Kami (Bank NTT) menggunakan pendekatan desa binaan dan desa unggulan. Dalam pendekatan itu, kita mengenalkan tentang digitalisasi dan mengemas desa wisata yang tertata secara manajemen pariwisata. Semua potensi-potensi yang ada kita gali supaya nilai tambahnya ada, nilai tambah bagi pengelola, bagi masyarakat, dan juga bagi wisatawan,” tutur Dirut Harry saat diwawancarai.

Turut hadir dalam kunjungan ini, Staf Khusus Gubernur NTT, Pius Rengka; Asisten Administrasi Umum, Drs. Fransiskus Kakang, M. Si.; Direktur Umum, Yohanis L. Praing; Direktur Pemasaran Kredit, Paulus S. Messakh; Direktur Kepatuhan, Hilarius Minggu; Kepala Bank NTT Cabang Ruteng; Camat Satarmese Utara; tokoh adat; dan tokoh masyarakat setempat. [Gusty]

News Feed