oleh

Menuju Universitas Flores Bermutu, UKM Penalaran dan Keilmuan Gelar Pelatihan Jurnalistik

-DAERAH-1.538 views

Ende, Swarantt.Net  – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Penalaran dan Keilmuan (P&K) Universitas Flores gelar Kegiatan Pelatihan Jurnalistik dengan tema Membangun Kreatifitas Mahasiswa dalam Tulis Menulis Menuju Universitas Flores Bermutu.

Pelaksanaan pelatihan Jurnalistik tersebut dilaksanakan di Aula Fakultas Teknik Informasi Lantai 3 dengan jumlah peserta sebanyak 50 orang pada Jumat (20/9/2019)

Ketua Panitia Pelaksanan Patrisius Hans Nembo dalam Laporannya Menjelaskan Pola pikir manusia dan Kehidupan Manusia saat Ini dipengaruhi oleh  informasi yang diterimanya.

Informasi yang dikemas dengan sangat luar biasa kata Dia mampu membentuk opini seseorang dalam menyikapi suatu masalah. Informasi Pula dapat merubah pola hidup seseorang sesuai dengan informasi yang diterima.

Dia juga menjelaskan disadari atau tidak disadari kekuatan Informasi dari suatu media sangatlah kuat bagi berbagai pihak. Sehingga tidaklah aneh jika kita berlomba-lomba dalam media massa sebagai alat pemenuhan informasi

Di era Globalisasi saat ini sebutnya, Peran media massa sangatlah penting dalam memenuhi kebutuhan Informasi Setiap orang tidak dapat di pungkiri bahwa setiap orang didunia ini sepenuhnya mendapatkan informasi dari media massa, Baik itu media Elektronik, Media cetak, media Online, dan lain sebagainya.

Sebagaimana pada umumnya media massa diibaratkan sebagai sebuah bilah pisau yang dapat dilakukan untuk hal-hal Positif atau Negatif. Kesaadaran akan dampak positif dan negatif dari menuntut semua pihak untuk ikut berkontribusi didalamnya, sehingga tidak selalu menjadi seorang penikmat informasi, Namum juga sebagai sumber informasi sehingga memberikan keseimbangan dalam sebuah informasi tersebut. Tukas Hans

Sementara Itu Ketua Unit kegiatan Mahasiswa Penalaran dan keilmuan ” Venansius Darung Mengatakan perkembangan dan penalaran dan keilmuan telah menjadi suatu cita-cita Anak – anak Bangsa yang merindukan dan menantikan perubahan menuju kesejahteraan.

Baca Juga :   Diduga Tilep Dana PIP, Kepala Sekolah SDI Mbongos Dilaporkan ke Dinas Pendidikan

“Namun Pemgembangan penalaran dan keilmuan perlu dipadukan dengan pengembangan emosional guna memproduksi generasi muda( Mahasiswa) yang memiliki jati diri intelektual dan emosional yang mapan sebagai cerminan masyarakat ilmiah” Ujarnya

Keterpaduan pengembangan penalaran dan keilmuan sebut Dia akan menjadi sangat konkret dimana diciptakan berbagai macam kegiatan yang dapat memproduksi prestasi intelektual bagi kaum muda.

“Jurnalistik telah banyak memberikan kontribusi bagi perkembangan media massa. Berkat jurnalistik, Kemajuan teknologi bisa dibaca oleh banyak orang. Jurnalistik dunia yang mengasyikan dan memberi banyak manfaat terutama pengembangan bakat dan potensi belajar” tuturnya

Sementara Itu Wakil Rektor Bidang Kemahasiswa ” Fransiskus Korosando ” dalam sambutannya mengatakan sebagai bagian dari kelompok terdidik, Mahasiswa harus memiliki kemampuan dalam mengembangankan dan mengolah dunia menulis.

Perlunya mahasiswa dalam mendalami jurnalistik dalam berbagai media, seperti; koran, majalah, buletin, dan website adalah untuk membangun budaya tulis serta baca dan cara berpikir yang kritis mengenai bagaimana mengeksperesikan maksud dan harapan.

Dengan memiliki keterampilan didalam mengelola media massa, maka peluang untuk mengembangkan cakrawala pengetahuan lebih terbuka.

Saya mengharapkan ketika seseorang mahasiswa menyajikan sebuah informasi yang perlu diperhatikan adalah keseimbangan dalam menyajikan berita.

Laporan: Peter Galis Antong

Komentar

News Feed