oleh

MUSRENBANG KELURAHAN BANGKA NEKANG PRIORITASKAN PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR DAN KEBERSIHAN

Ruteng,Swarantt.net-Musyarawah Rencana Pembangunan (Musrenbang) untuk Kelurahan Bangka Nekang Kecamatan Langke Rembong,Kabupaten Manggari berlangsung Senin (4/2/2019) di kantor Kelurahan Bangka Nekang.

Musrenbang Kelurahan dibuka langsung oleh Lurah Bangka Nekang Stefanus Ileng. Didepan peserta Musrenbang Dia menyampaikan bahwa hal yang penting dalam Musrenbang itu adalah kebersamaan antar pemangku kepentingan sehingga bisa disepakati apa yang menjadi prioritas pembangunan di tingkat kelurahan yang selanjutnya akan dibawa ke Musrenbang tingkat atas seperti kecamatan dan kabupaten.

Lurah Stefanus menegaskan kegiatan
musrenbang adalah sebagai salah satu upaya untuk mengakomodir kepentingan yang datang dari masyarakat. Musrenbang merupakan forum bersama untuk menggodok perencanaan (program) pembangunan didalam wilayah Kelurahan. Pelaksanaan musrenbang merupakan salah satu tugas pemerintah untuk melaksanakan urusan pemerintahan, pembangunan serta urusan kemasyarakatan.

Program prioritas untuk Kelurahan Bangka Nekang tambah Dia adalah pembangunan infrastruktur dan kebersihan. Infrastrukturnya meliputi, pembangunan kantor kelurahan, saluran (drainase),tembok penahan, rumah layak huni, toilet bersih untuk warga, serta kotak sampah.

“Dua program ini yaitu infrastruktur dan kebersihan menjadi skala prioritas kita di kelurahan,dan kita tetapkan ini berdasarkan hasil survei, katanya”

Hal yang sama juga disampaikan oleh ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) Kelurahan Bangka Nekang Raymundus Nuruk. Dia menjelaskan skala prioritas itu penting agar perencanaannya dan pelaksanaannya terfokus yang walaupun dalam perealisasiannya tidak semua yang diusulkan dikabulkan oleh pemerintah kecamatan ataupun kabupaten. Mundus juga menyayangkan pihak kecamatan yang tidak sempat hadir dalam Musrenbang kali ini.

Baca Juga :   Bentuk Satgas Enforce Kerumunan Untuk Nataru, Ini Kata Pangdam IX/Udayana

Sementaraitu Sekertaris Kelurahan Juventa Mardila menambahkan salah satu program prioritas seperti pembangunan rumah layak huni dialokasikan sebanyak 22 unit rumah. Penerima bantuan rumah layak huni jelas wanita berkacamata ini harus memenuhi kriteria yang ditetapkan seperti, kepemilikan lahan yang dibuktikan dengan sertifikat tanah.
Beberapa bidang program yang disepakati dalam Musrenbang tersebut diantaranya Bidang Infrastuktur, Bidang Ekonomi, Bidang Lingkungan Hidup, Bidang Kesehatan, Bidang Pendidikan Bidang HAM dan Penegakan Supremasi Hukum.

Silve

Komentar

News Feed