oleh

Pasien Terkonfirmasi Positif C19 di Kabupaten Manggarai Bertambah 10 Orang

Manggarai, SwaraNTT.Net – Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Manggarai kembali merilis pasien baru terkonfirmasi positif Covid -19 sebanyak 10 orang. Rilis ini dikeluarkan berdasarkan hasil hasil Pemeriksaan terhadap 44 (Empat Puluh Empat) Sampel SWAB di Laboratorium Biologi Molekuler RSUD W.Z. Yohanes Kupang.

Demikian disampaikan juru bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Manggarai Ludovikus Moa melalui press release yang dikirim melalui pesan WhatsApp group jurnalis Manggarai Kamis (03/09/2020) siang.

Keempat Puluh Empat Sampel SWAB itu dikirim telah dikirim pada tanggal 29 Agustus 2020 melalui Bandara Komodo Labuan Bajo. Hasil pemeriksaan terhadap 44 sampel SWAB tersebut baru diterima Tim Gugus Tugas C19 Kabupaten Manggarai dari Tim Gugus Tugas C19 Propinsi NTT, pada Hari Rabu Tanggal (02/09/2020). Dari total 44 sampel SWAB yang dikirim ada 10 (Sepuluh) Sampel SWAB yang hasilnya terkonfirmasi Positif C19.

Adapun rincian dan hasil pemeriksaan 44 (Empat Puluh Empat) ampel SWAB yang telah diterima Tim Gugus Tugas C19 Kabupaten Manggarai adalah sebagai berikut:

Klaster Cireng: 17 SWAB, Nakes RS. St Rafael Cancar: 7 SWAB

Hasil Pemeriksaan; 9 (Sembilan) Orang dinyatakan Terkonfirmasi Positif Covid 19, Rincian sbb;

1. MPG (P) 34 tahun
2. EDT (P) 8 tahun
3. JCT (P) 10 tahun
4. YA (P) 50 tahun
5. LMR (L) 26 tahun
6. EDD (L) 45 tahun
7. DK (L) 69 tahun
8. YG (L) 28 tahun
9. MS (L) 70 tahun

Sedangkan yang Kontak Erat dengan pasien Torong Koe dan Rura, Kecamatan Reok Barat: 7 Sampel SWAB, dan hasil Pemeriksaannya Negatif.

Dan yang kontak erat dengan pasien Compang Cibal, Kecamatan Cibal Barat sebanyak 5 (Lima) sampel SWAB yang diperiksa. Hasil pemeriksaan 1 (Satu) sampel SWAB yang terkonfirmasi Positif Covid 19. Pasien kesepuluh tersebut yakni HN (P) 27 tahun yang merupakan istri dari pasien Covid-19 yang sudah sembuh.

Baca Juga :   Posko Peduli Bencana ACT Bali Siap Salurkan Donasi Dermawan

Sedangkan untuk pelaku perjalanan sebanyak 5 orang reaktif rapid Test tetapi hasil pemeriksaan sampel SWAB semuanya dinyatakan Negatif.

Pasien Covid-19 yang di Rawat ada 3 (tiga) sampel SWAB. Hasil Pemeriksaan 3 (tiga) Pasien Covid-19 yang telah di Rawat, Hasilnya Negatif, dan dinyatakan Sembuh.

Dengan bertambahnya pasien terkonfirmasi positif Covid-19 berdasarkan hasil pemeriksaan sampel SWAB untuk Kabupaten Manggarai, hingga Kamis (03/09/2020) berjumlah 15 orang. Sembuh 4 orang, Meninggal 1 orang, masih dalam perawatan 10 orang.

Untuk mengantisipasi penularan yang masif, Tim Gugus Tugas C19 Kabupaten Manggarai segera melakukan kontak Tracing (pelacakan kontak), terhadap siapa saja Warga Masyarakat yang pernah melakukan Kontak erat dengan Kesepuluh Pasien yang sudah terkonfirmasi Positif C19.

“Kami juga menghimbau kepada seluruh Warga Masyarakat Kabupaten Manggarai untuk bekerjasama, tidak mudah percaya terhadap informasi-informasi yang menyesatkan, Provokasi dan Hasutan-hasutan dari oknum-oknum yang tidak bertanggung Jawab yang dengan sengaja menghambat proses Pencegahan penularan C19 di Kabupaten Manggarai” kata Lody.

“Masyarakat diminta untuk Percaya terhadap Informasi yang disampaikan oleh Gugus Tugas C19 Kabupaten Manggarai, Pemerintah selalu hadir dan terdepan untuk memastikan warga terbebas dan terhindar dari wabah Covid 19, mari kita tingkatkan kewaspadaan, patuhi Protokol-protokol Kesehatan, selalu Gunakan Masker, Cuci Tangan, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan” katanya.

Penularan Covid 19, nyata dihadapan Kita, Mari bersatu Mencegah Penularannya di Bumi Nuca Lale. Bersama Seluruh Elemen Masyarakat, Mari Kita Perangi C19″ tutup Lody.