oleh

Peduli Petani, Marsel Jeramun Berikan Bantuan Mesin Sedot

LABUAN BAJO, SwaraNTT.Net – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Manggarai Barat menyerahkan bantuan 1 (satu) unit Mesin Sedot untuk Kelompok Tani di Desa Nggilat Kecamatan Macang Pacar.

Penyerahan dilakukan oleh Ketua DPD PAN Manggarai Barat, Marselinus Jeramun, SE., bersama sejumlah jajaran pengurus kepada Bertolomeus, Gabriel Bagun didampingi oleh Kepala Desa Nggilat, Elias Jani di Labuan Bajo, Kamis (08/12).

Sebelum penyerahan, Marselinus Jeramun yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Manggarai Barat ini mengatakan bantuan alat mesin pertanian berupa 1 set pompa air merk Honda dengan ukuran power 3 PK lengkap dengan selang dan oli pelumas mesin. Mesin sedot tersebut katanya merupakan bantuan dari Anggota DPR RI, Ahmad Yohan.

“Hari ini kami menyerahkan satu unit mesin sedot air kepada Kelompok Tani di Desa Nggilat. Mesin tersebut merupakan bantuan dari Anggota DPR RI Ahmad Yohan yang dilimpahkan ke DPD PAN Manggarai Barat-NTT. Karena itu DPD PAN Manggarai Barat menyampaikan terima kasih kepada Bapak Ahmad Yohan yang memiliki kepedulian dengan kelompok tani,” katanya.

Menurut politisi PAN ini, tujuan penyerahan bantuan pompa air adalah untuk menopang pasokan air irigasi dilahan sawah milik para petani di Desa Nggilat. Sehingga para petani bisa menggarap sawah 3 kali tanam dalam setahun.

“Pada musim tanam ke-3 yakni disekitar bulan ke 10-11 air irigasi biasanya mengalami kesulitan karena puncak musim kemarau, debit air menurun dan lahan sawah mengalami kekeringan. Nah, saat musim kemarau tersebut, kehadiran Mesin Sedot sangat dibutuhkan,” jelasnya.

Baca Juga :   Angka Kematian Akibat Covid-19 Meningkat, Yeni Veronika Minta Masyarakat Patuhi Prokes

Kepala Desa Nggilat, Elias Jani mengatakan dengan adanya bantuan pompa air mempermudah mengambil air dari sumber air sungai untuk dialirkan ke sawah irigasi teknis. Sehingga menjadi salah satu upaya mengantisipasi kesulitan air dimusim kemarau. Dengan pengairan yang cukup hasil panen padi di Desa Nggilat diharapkan dapat meningkat.

Kades Elias berharap agar bantuan Mesin Sedot ini bisa ditambahkan untuk wilayah kelompok tani lainnya yang juga memiliki lahan sawah yang cukup luas.

Selain menyerahkan Mesin Sedot, DPD PAN Manggarai Barat juga menyerahkan bantuan Seng untuk Gereja Katolik St. Fransiskus Assisi Paroki Tentang, Kecamatan Ndoso. (MC DPD PAN Mabar)