oleh

Pelaku Penyelundupan Sapi Asal Bima Ditangkap Sat Reskrim Polres Manggarai

Manggarai, SwaraNTT.Net – Kepolisian Resort (Polres) Manggarai, berhasil menangkap pelaku penyelundupan hewan Sapi melalui jalur tikus di Pantai Utara, tepatnya di Dusun Ojang, Desa Paralando, Kecamatan Reok Barat, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur.

Kepada SwaraNTT.Net, Kapolres Manggarai AKBP. Yoce Marthen melalui Kasubag Polres Manggarai, IPDA. I Made Budiarsa, mengatakan Satuan Reskrim Polres Manggarai, telah melakukan penangkapan dua pelaku penyelundupan Sapi, pada Sabtu 01 Oktober 2022, sekitar pukul 01.45 Wita.

Dikatakan, Kasubag Humas, Budiarsa, dalam penangkapan tersebut, Kasat Reskrim Polres Manggarai, IPTU. Arviandre Maliki, S.Tr.K memimpin langsung operasi penyelundupan Sapi ilegal dan didampingi Kanit Tipidter IPDA. Timothy Torro, S.Tr.K.

“Penangkapan Pelaku yang diduga mengeluarkan sapi bukan dari tempat legal atau yang ditentukan serta tidak di lengkapi dengan dokumen Sertifikat Kesehatan,” beber Kasubaghumas Polres Manggarai, Budiarsa.

Dalam operasi tersebut, kata Budiarsa, Polisi telah mengamankan pelaku MS (63), asal Balisondo, kecamatan Bolo, Kabupaten Bima, NTB, serta barang bukti 16 ekor Sapi dan 1 buah perahu.

Di lokasi, setelah dilakukan introgasi oleh polisi, pemilik kapal perahu motor tersebut mengakui bahwa hewan Sapi tersebut hendak di bawa ke kabupaten Bima.

“Terduga Pelaku yang membawa keluar Sapi bukan dari tempat yang ditentukan dan tanpa dilengkapi sertifikat kesehatan yang sementara memuat sapi ke dalam kapal motor laut,” beber Kasubaghumas Budiarsa.

Baca Juga :   Perempuan Asal NTT Manggarai Timur Dianiaya Majikannya Hingga Kepala Bocor

Saat ini kapal perahu motor milik pelaku telah diamankan di Polair Reo dan 16 Ekor Sapi di titipkan di karantina Reo. Sedangkan pelaku / Pemilik Kapal perahu motor telah diamankan di Polres Manggarai untuk diambil keterangan.

Untuk diketahui, sejak tahun 2019 wilayah Pantura Reok Barat, seringkali dijadikan tempat penyelundupan Sapi asal Kabupaten Manggarai, Kabupaten Ngada, Kabupaten Manggarai Timur dan Kabupaten Manggarai Barat dengan wilayah tujuan Kabupaten Bima, NTB.

Pada tahun 2021 lalu, TNI Angkatan Laut NTB bersama Badan Intelijen Negara (BIN), berhasil menangkap dua unit kapal pengangkut 92 ekor Sapi di perairan Bonto Bima, NTB, melalui pelabuhan tikus Nanga Na’e, Desa Paralando, Kecamatan Reok Barat, Manggarai, NTT.