oleh

Pemda Manggarai Raih Penghargaan Kota Cerdas dari Kementerian KOMINFO

-NASIONAL-1.421 views

Manggarai, SwaraNTT.Net – Sebuah prestasi membanggakan ditorehkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manggarai di penghujung tahun 2021. Pemkab Manggarai meraih penghargaan dalam mengimplementasikan program Smart City (Kota Cerdas) yang dicanangkan Kementerian Komunikasi dan Informasi.

Penghargaan tersebut diserahkan secara langsung oleh Menteri Kominfo, Johny G. Plate kepada Wakil Bupati Manggarai, Heribertus Ngabut di Gedung Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, pada Selasa (14/12/21).

Kepada SwaraNTT.Net, melalui sambungan telepon, Wakil Bupati Manggarai, Heribertus Ngabut, menjelaskan penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi yang diberikan oleh Kementerian KOMINFO kepada Pemda Manggarai.

Tujuan dari Smart City lanjut Wabup Heri Ngabut, diantaranya terkait tata kelola pemerintahan yang bersih dan melayani, mewujudkan sistem pemerintahan berbasis elektronik, terwujudnya transparansi birokrasi dalam penyelenggaraan pembangunan dan tersedianya jaringan yang merata untuk mendukung pelayanan publik berbasis elektronik.

Selain meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia, Wabup Heri Ngabut, juga menerangkan bahwa sasaran selanjutnya adalah meningkatnya peran komunitas dan pemuda dalam pembangunan, dan  mengembangkan pariwisata berbasis budaya.

“Terkait dengan pertumbuhan ekonomi Kerakyatan, tujuannya meningkatnya pertumbuhan ekonomi kerakyatan berbasis Agro yang siap berkolaborasi dengan sektor industri, Sasarannya meningkatnya produksi pada sektor agro yang siap menjadi suplayer sektor industri, penanganan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) secara kolaboratif,” terang Wabup Heri Ngabut kepada SwaraNTT.Net melalui sambungan telepon.

Lebih lanjut Ia juga menjelaskan sasaran dari pengembangan Smart City kabupaten Manggarai yaitu menghasilkan aksi yang kongkrit, diperlukan tujuan dan Sasaran yang merupakan implementasi dari misi yang telah direncanakan.

Baca Juga :   KETUA PCNU LOTIM HIMBAU WARGA TETAP JAGA PERSAUDARAAN PASCA KERUSUHAN PAPUA

“Jadi rumusan dari hal tersebut berangkat dari hasil analisis sehingga dapat dihasilkan rencana yang terintegrasi dari tahap perumusan masalah hingga rencana aksi,” jelas orang nomor dua di Kabupaten Manggarai itu

Penghargaan ini, sambung Wabup Heri Ngabut, merupakan suatu stimulus Negara untuk memastikan supaya semua Bupati, wali kota dan Gubernur di Indonesia berpikir sama, yang pertama itu berbicara Sumber Daya Manusia, konteks kondisi keuangan supaya dibelanjakan secara efektif dan efisien.

Acara ditutup oleh Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Johnny Gerard Plate, sekaligus menyerahkan penghargaan bagi Kabupaten/Kota berdasarkan kategori yang telah dinilai.

News Feed