oleh

Pemda Manggarai Timur Gandeng TNI-POLRI Tanam Bibit Mangrove di Pesisir Pantai Nanga Lirang

-DAERAH-562 views

MANGGARAI TIMUR, SwaraNTT.Net – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan melalui Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Timur (Matim), Povinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), melakukan kegiatan Karya Bakti penanaman bibit Mangrove di pesisir pantai Nanga Lirang Desa Satar padut di Kecamatan Lamaba Leda, Rabu (2/12/2020).

Kegiatan penanaman bibit Mangrove tersebut berlangsung pukul 10.30 Wita pada Selasa 1/12 2020 dan turut hadir Kepala KRPH Kabupaten Matim Marsekis Ndeu, Kapolsek Lamba Leda IPDA Stanisius Jemadu, Danramil 1612-05 Elar PELDA M. Ramadhan, Kepala Unit BRI Reo, Kepala Desa Satar Padut Fabianus Kabun, tokoh Agama, tokoh masyarakat serta kelompok kerja mangrove sebanyak 50 orang.

Menurut Danramil 1612-05 Elar PELDA M. Ramadhan menjelaskan kegiatan ini tujuannya untuk meningkatkan produktifitas lahan pada ekosistem mangrove hutan pantai sekaligus menjaga kelestarian lingkungan.

Dari sisi Fisik Mangrove jelas PELDA M. Ramadhan, mempunyai akar yang banyak dan batangnya kokoh sehingga mampu mencegah gelombang tsunami, ombak dan abrasi air laut. Dari sisi Ekologi Mangrove mampu berfungsi sebagai filter polusi air dan udara karena dapat tumbuh pada kondisi tanah berlumpur / limbah dan menyerap polutan/ asap dari udara. Mangrove sebagai habitat tempat hidup dan berkembang biaknya berbagai jenis ikan dan biota laut lainnya.

Adapun jenis bibit pohon mangrove yang ditanam meliputi Sp atau Bakau dengan jumlah pohon yang ditanam sebanyak 26 ribu pohon denga luas areal 26 hektar.

Baca Juga :   Direktur PDAM Wae Mbeliling Turun Langsung Tangani Kemacetan Air

Untuk diketahui kelompok mangrove tersebut diketuai oleh Arifin Samaila dengan jumlah anggota kelompok sebanyak 64 orang dan pengawas lapangan Floriana Inggun.

News Feed