oleh

Pemerintah Desa Watu Baur Lakukan Sosialisasi Tata Kelola Air Minum Bersih

MANGGARAI, SwaraNTT.Net – Pemerintah Desa Watu Baur, Kecamatan Reok, Kabupaten Manggarai, Propinsi NTT menggelar kegiatan sosialisasi tata kelola air minum bersih berbasis masyarakat, Kamis, 22/08/2019

Acara yang berlangsung di Kantor Desa Watu Baur pada Jumat (16/08/2019) tersebut dihadiri oleh, Vansi Badur selaku  Fasilitator PAMSIMAS kabupaten Manggarai, perangkat desa, pengurus OPAM, Kader AMPL dan warga masyarakat pemanfaat air minum bersih.

Kepala Desa ( kades) Watu Baur, Albinus Keen Lambung, S.Sos  menjelaskan, tujuan dari sosialisasi tata kelola air minum bersih tersebut agar pengurus OPAM memahami dan mampu mengelola aset desa sebagai pendapatan asli desa.

Ia menyebutkan OPAM tersebut dikelola langsung oleh warga setempat untuk pemenuhan kebutuhan sehari-hari masyarakat desa.

“OPAM  itu bagian dari BUMdes itu sendiri yaitu sumber air dari desa, dikelola oleh desa, dan diperuntukkan bagi warga desa untuk memenuhi kebutuhan air bersih”. Jelasnya.

Kades Albinus juga menjelaskan, pengelolaan air minum bersih oleh BUMDes adalah sebuah upaya membantu tugas desa menciptakan daya dukung yang baik bagi kebutuhan dasar warga.

Tidak hanya itu, lanjut kades Watu Baur, berkaitan dengan kebutuhan dasar seluruh warga, pengelolaan air juga bisa menjadi modal sosial yang akan membangun kepercayaan warga terhadap BUMDes yang bisa dijadikan modal untuk mengembangkan usaha ke bidang yang lainnya.

Sementara itu warga setempat mengapresiasi langkah pemerintah desa dimana hampir setahun sudah mengelola air bersih sebagai ladang usaha milik desa sebagai langkah positif.

Baca Juga :   Warga Lemarang Reok Barat Keluhkan Jembatan Wae Kuli 2 Belum Dibangun Pemerintah

“sekarang kami sudah tidak susah air minum bersih, setiap rumah sudah ada meteran air dari desa ini langkah positif dan saya selaku warga desa sangat apresiasi dengan kinerja kades Albinus Keen Lambung”. jelas warga kepada media ini. [Gusty N]

Komentar

News Feed