oleh

Penerimaan Mahasiswa Baru dan Keunggulan Universitas Karyadarma Kupang

KUPANG, SwaraNTT.Net – Universitas Karyadarma Kupang menawarakan kualitas untuk menjawab kebutuhan masyarakat Nusa Tenggara Timur sebagai salah satu Universitas swasta yang akan menjadi terdepan, karena selalu konsisten dengan keunggulannya yaitu Nasionalis dan pluralis baik nama/logo dan strukturnya.

Demikian di sampaikan Oleh Ketua Dewan Pembina Yayasan Pelayanan Kasih Anak Bangsa Kupang (Yapelkabku) NTT , Daniel Herison Wadu S.E. MM di temui di ruang kerjanya Selasa (23/07/2019).

Sementara itu Wakil Rektor 1 Jidon Nubatonis S.H., M.M menjelaskan Universitas Karyadarma Kupang sebagai universitas swasta di Kabupaten Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur yang dipercaya pemerintah untuk menyelenggarakan Pendidikan Tinggi di Nusa Tengggara Timur berdasarkan Keputusan Mendikbud Nomor 412/E/O/2014 tanggal 16 September 2016 yang terakreditasi baik.

Institusi maupun 10 (sepuluh) Program Studi kata Dia sudah status Terakredtitasi BAN-PT Nomor 2479/BAN-PT/LL/2018 tanggal 26 November 2018. Akreditasi yang diperoleh Program Studi suatu perguruan tinggi merupakan salah satu jaminan kepada masyarakat bahwa penyelenggaraan Program Studi tersebut, memenuhi persyaratan standar mutu yang ditetapkan pemerintah.

Universitas Karyadarma Kupang saat ini menyelenggarakan proses pembelajaran di Kampus A. di Oesao Kabupaten Kupang, dan Jln Advokat Nomor 20 Naikoten 1 Kota Kupang dengan jumlah 10 Program Studi program sarjana yang tersebar pada 3 Fakultas yaitu
a). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,
b). Fakultas Hukum dan Ilmu Pemerintahan,
c). Fakultas Teknik dan Perencanaan.

Sedangkan Fakultas Pertanian Lahan Kering mahasiswanya masih sangat terbatas pada Tahun ini, Kegiatan perkuliahan diberikan dalam Sistem Kredit Semester (SKS), dengan jumlah satuan kredit semester (sks) untuk Program Studi S-1 antara 144-152 SKS.

Jumlah Mahasiswa yang terdaftar semenjak berdirinya lembaga ini sebanyak 1.108 orang dan jumlah lulusan pada wisuda perdana Periode desember 2018 sebanyak 205 lulusan, terdiri dari S-1 PG. Paud : 15 lulusan, PGSD : 83 Lulusan, PBSI : 36 Lulusan PJKR : 46 Lulusan, Ilmu Hukum : 10 Lulusan, Ilmu Pemerintahan : 13 Lulusan, Teknik Informatika: 2 Orang. Dari para lulusan Program Studi Program sarjana yang dipilih sebagai lulusan terbaik untuk setiap Program Studi adalah mereka yang menyelesaikan studi minimal 3, 5 tahun sampai 5 tahun yang di dasarkan atas Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dengan , IPK minimal 3,00

Sedangkan untuk jumlah dosen tetap yang memberikan kuliah pada 10 Program studi di Universitas Karyadarma Kupang berjumlah 68 orang dengan kualifikasi magister dan doktor.
Selain itu studi lanjut, para dosen di lingkungan Universitas Karyadarma Kupang diberikan kesempatan untuk mengembangkan diri melalui Pengabdian pada masyarakat, pelatihan, penulisan, seminar, ceramah ilmiah, workshop, diskusi, simposium, penelitian.

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat.

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) adalah lembaga yang mengelola dan memfasilitasi penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di Universitas Karyadarma Kupang. Lembaga ini juga mengelola kegiatan-kegiatan yang meningkatkan kualitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, serta memfasilitasi penerbitan Jurnal Ilmiah yang diterbitkan oleh fakultas/program studi di lingkungan Universitas Karyadarma Kupang.

Visi Universitas karyadarma Kupang yakni ”Tahun 2039 menjadi perguruan tinggi terdepan di Provinsi Nusa Tenggara Timur dalam menghasilkan sumber daya manusia yang kreatif, bermutu, berdaya saing tinggi, bermartabat, dan berkarakter kewirausahaan yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa”. Dengan Pola Ilmiah Pokoknya adalah Pengembangan Manusia cerdas dan kreatif. Sejalan dengan visi tersebut kini kami memfokuskan pada Pendidikan/pengajaran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (PPM) yang kini pada level mengidentifikasi dan menetapkan kecamatan binaan.

Baca Juga :   2 Unit Rumah Milik Warga Kelurahan Pagal Ludes Terbakar

Penentuan kecamatan binaan didasarkan pada sejumlah kriteria pokok seperti kondisi geografis, potensi sumberdaya alam dan manusia, dll, sehingga melalui kajian mendalam menetapkan tipe kecamatan dalam suatu kabupaten/kota menurut letaknya yakni kecamatan daratan dan kecamatan pesisir pulau. Saat ini kami telah menetapkan kecamatan daratan adalah Kecamatan Nekamese Kabupaten Kupang dan dalam Rencana Jangka Menengah (5) lima tahun Universitas karyadarma Kupang akan melakukan survey untuk menetapakan calon kecamatan binaan untuk kecamatan pesisir pulau.

Pembinaan Mental Spiritual dan Bimbingan Konseling.

Lembaga pembinaan mental spiritual dan bimbingan konseling lebih mengendepankan pada pembinaan mental spiritual karena mental spiritual merupakan awal dari segala macam pembangunan. Tidak ada makna sama sekali pembangunan bidang lain yang super sukses sekalipun tanpa didahulukan oleh pembangunan jiwa manusia. Pembinaan Mental Spiritual yang dilakukan saat ini yakni ibadah Oikumene yang dilakukan 2 kali sebulan dan mahasiswa pada akhirnya akan diberikan sertifikat sebagai bukti bahwa lulusannya tidak cerdas akademik tapi berkarakter pula.

Lembaga Penjamin Mutu Universitas.

Penilaian mutu akademik Universitas Karyadarma Kupang secara internal dilakukan oleh Lembaga Penjamin Mutu Universitas yang dilakukan audit oleh auditor sedangkan secara eksternal dilakukan oleh Badan Akreditasi Nasional (BAN) dan/atau instansi lain yang berkompeten.

Proses penjaminan mutu pendidikan tinggi di Universitas Karyadarma Kupang merupakan kegiatan mandiri, sehingga proses tersebut dirancang, dijalankan, dan dikendalikan sendiri. Sistem Penjaminan Mutu Internal dilaksanakan mulai dari Universitas sampai program studi dan merupakan satu kesatuan system.

Pusdiklat

Sebelum mahasiswa Universitas di wisuda seluruh mahasiswa diwajibkan untuk mengambil Diklat yang meliputi : Bahasa Asing, Informasi Teknologi dan Kewirausahaan yang dinilai setara dengan 2 sks.

Komisi Kode Etik

Civitas Akademika Universitas Karyadarma Kupang wajib menjunjung tinggi Kode Etik Profesi dan nilai-nilai yang diselenggarakan dan dijunjung tinggi dalam lingkungan Universitas Karyadarma Kupang; menjaga kehormatan dan nama baik Universitas Karyadarma Kupang;

Penegakkan Kode Etik Civitas Akademika dalam lingkungan Universitas Karyadarma Kupang dilakukan oleh Komisi Kehormatan Etik (K2E) yang dibentuk oleh Senat Universitas Karyadarma Kupang dengan beranggotakan 7 (tujuh) orang dari masing-masing disiplin ilmu atas persetujuan Yayasan Pelayanan Kasih Anak Bangsa Kupang-Nusa Tenggara Timur.

Komisi Kode Etik merupakan suatu lembaga penegakan kode Etik baik terhadap Tenaga Pendidik, Tenaga Kependidikan dan Mahasiswa sebelum sanksi diputuskan oleh Rektor maupun Yayasan Pelayanan Kasih Anak Bangsa Kupang-NTT ( tidak terjadi tindakan sewenang-wenang.

Ketua Penerimaan Mahasiswa Baru/PMB Aplonia Bani, S.Sos.,M.Si
Menyampaikan kepada media ini, menargetkan mahasiswa sebanyak mungkin karena ketersedian Dosen tetap dan ruangan kuliah dan sejumlah fasilitas yang memadai dengan biaya yang terjangkau.

Sumber daya manusia merupakan aset utama bangsa. Kecerdasan inilah yang akan menjadikan bangsa ini sehat, kuat, besar, dan menjadi inspirasi dunia. Mencerdaskan kehidupan bangsa, tanggungjawab kita semua.

Laporan M.PH.

Komentar

News Feed