oleh

Penjabat Bupati Manggarai Melantik 3 Pj Kades Desa Persiapan di Kecamatan Reok Barat

-DAERAH-656 views

MANGGARAI, SwaraNTT.Net – Upacara Peresmian tiga Desa Persiapan dan Pelantikan Penjabat Kepala Desa Persiapan di wilayah Kecamatan Reok Barat, Kabupaten Manggarai-NTT, Kamis, (19/11/2020).

Tiga Desa persiapan di Kecamatan Reok Barat terdiri dari Desa persiapan Kajong Barat, Desa persiapan Kajong Timur dan Desa persiapan Pasat.

Untuk diketahui Desa Persiapan Kajong Barat dan kajong Timur sebelumnya merupakan bagian dari wilayah Desa Kajong. Sementara Desa persiapan Pasat merupakan bagian dari wilayah Desa Sambi.

Hadir pada acara tersebut Penjabat Bupati Manggarai Dr. Drs. Zeth Sony Libing, M.Si., Kasdim 1612 Manggarai (Mayor Chb. I Wayan Subrata), Danramil 1612 Manggarai (Kapten Infa. Totok Haryanto), pihak kepolisian Sektor Reo, Kadis PMD Sipri Jamun, Sekretaris Dinas Kominfo, Karolus Jun, Camat Reok Barat Quintus Nang, para kepala Desa se-kecamatan Reok Barat dan staf di lingkup pemerintah daerah Kabupaten Manggarai.

Upacara pelantikan Desa persiapan tersebut berlangsung di halaman Dusun Maki Desa Persiapan Kajong Timur, Kecamatan Reok Barat.

Penjabat Bupati Manggarai, Dr. Drs. Zeth Sony Libing, M.Si, melantik tiga PNS sebagai Penjabat Sementara (PjS) Kepala Desa (Kades) diantaranya, Wilhelmus Wawo, Penjabat Desa Persiapan Kajong Timur, sebelumnya bekerja sebagai Penyuluh Pertanian Muda Dinas Pertanian, Ludovikus Lo, Penjabat Desa Persiapan Kajong Barat, sebelumnya sebagai sekretaris Desa Kajong dan Emilius Doa Ncurem, SE, sebagai Penjabat Desa Pasat sebelumnya sebagai Sub Bagian Perencanaan dan Keuangan Kecamatan Reok Barat.

Pengambilan sumpah dipimpin langsung oleh Penjabat Bupati Manggarai, Dr. Drs. Zeth Sony Libing, M.Si, disaksikan para rohaniwan dan dua orang saksi ASN.

Pelantikan ini sesuai dengan Surat Keputusan Bupati Manggarai Nomor: HK/331/2020, tentang Pengangkatan Penjabat Kepala Desa Persiapan dalam Wilayah Kabupaten Manggarai.

Dalam keputusan tersebut disebutkan bahwa hak, wewenang dan kewajiban penjabat kepala desa adalah sama dengan hak, wewenang dan kewajiban kepala desa.

Setelah diambil sumpah dan dilantik, ketiga penjabat pada Desa persiapan tersebut menandatangani dan membaca fakta integritas yakni tidak akan melakukan KKN, tidak menerima pemberian yang berkaitan dengan jabatan. Bekerja dengan jujur, transparan, objektif dan akuntabel serta mempertanggungjawabkan setiap pengeluaran keuangan desa dengan transparan dan akuntabel.

Baca Juga :   Ditemukan 144.756 Surat Suara¬†Pemilu Untuk Kabupaten Manggarai Rusak

Dalam sambutannya Penjabat Bupati Manggarai mengapresiasi terhadap seluruh masyarakat yang hadir karena telah mengambil bagian dalam pelantikan tiga penjabat Desa Persiapan.

Tujuan dari peresmian tiga Desa persiapan tersebut jelas Penjabat Bupati Manggarai, untuk kesejahteraan rakyat dan pelayanan publik terhadap rakyat agar berjalan dengan baik.

Ia juga mengajak kepada seluruh masyarakat dari tiga desa persiapan tersebut untuk secara bersama-sama agar terwujud menjadi Desa definitif.

“Saya berharap tugas ini dapat saudara laksanakan dengan sebaik-baiknya dengan tekad yang kuat, sehingga desa persiapan yang saudara pimpin dapat segera ditetapkan menjadi Desa definitif,” harap Penjabat Bupati Manggarai.

Oleh karena itu, penjabat Bupati berpesan kepada penjabat kepala desa persiapan, agar memimpin wilayah di desa persiapan, memimpin rakyat di desa persiapan, melayani masyarakat di desa persiapan, membangun berbagai infrastruktur di desa persiapan dan menata administrasi menuju desa definitif.

“Mulai saat ini identifikasi penduduk, identifikasi dusun, luas wilayah dan menata administrasi menuju desa definitif,” jelasnya

Penjabat Bupati Manggarai juga mengingatkan kepala desa Kajong sebagai desa induk agar mendukung dua anak Desa persiapan yakni Desa persiapan Kajong Timur dan Desa persiapan Kajong Barat selanjutnya untuk Desa induk Sambi mendukung Desa persiapan Pasat karena mereka adalah desa yang lahir dari Desa induk.

Lebih lanjut dalam sambutannya, penjabat Bupati mengingatkan dua kepala desa induk agar memberi dana operasional 30% kepada Desa Persiapan.

“Untuk dua Desa induk harus memberi dana operasional 30% ketiga desa persiapan, tolong dinas terkait fasilitasi ini biar jangan ribut,” tegasnya

News Feed