oleh

Pentingnya Organisasi Bagi Mahasiswa

Oleh: Epifanius M. Mbale

Menjadi seorang mahasiswa bukanlah sebuah perkara yang mudah, namun bisa dipermudah jika kita mau menjalankannya dengan mencintai dan tekun pada setiap proses yang dilalui. Caranya, kita harus menjalankan kewajiban kita sebagai mahasiswa sebagaimana mestinya. Mahasiswa sebagai agent of change sudah semestinya memiliki wawasan yang luas serta harus terlibat maupun menciptakan kegiatan – kegiatan yang positif sebagai ruang aktualisasi diri.

Berbicara tentang pergaulan yang positif lebih khusus yang ada di kampus, maka yang mungkin ada dalam benak kita adalah organisasi. Organisasi merupakan hal yang tidak bisa dipisahkan dari mahsiswa. Hari ini, tidak sedikit kita jumpai mahasiswa yang pasif, artiya banyak mahasiswa yang tidak berkeinginan untuk mengikuti kegiatan selain perkuliahan di kampus, kemungkinan ini dikarenakan minimnya pengetahuan mereka akan pentingnya beroraganisasi.

Organisasi sesungguhnya adalah wadah atau tempat banyak orang bekerjasama dan berkumpul secara sistematis, rasional dalam mencapai suatu tujuan. Sumpah pemuda mengajarkan kepada kita bahwa melakukan sesuatu secara bersama-sama hasilnya akan luar biasa. Sebuah adagium mengatakan kebaikan yang berserak akan dikalahkan oleh kebathilan yang terstruktur, itulah pentingnya organisasi.

Organisasi sejatinya sangat berperan penting untuk kebaikan setiap mahasiswa. Sebuah organisasi punya andil besar untuk membentuk karakter mahasiswa, melahirkan intelektualitas dan miltansi yang tinggi, hingga di organisasi kita bisa mengembangkan skill yang kita miliki.

Baca Juga :   Refleksi Pemuda Perayaan HUT RI

Mahasiswa yang memiliki pengalaman berorganisasi memiliki kemampuan lebih terutama membentuk cara berfikir rasional dan mengorganisir suatu hal serta lebih terlatih jiwa kepempinanya, dibandingkan dengan mereka yang tidak memiliki pengalaman berorganisasi.

Peran organisasi sangatlah penting karena dapat memberikan manfaat yang luar biasa jika kita berkontribusi dengan totalitas dalam berorganisasi, maka kita memiliki peluang yang besar menjadi seorang pemimpin masa depan. Organisasi adalah sekolah bagi calon pemimpin.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed