oleh

Peringati Ultah ke-31,Perumda Tirta Komodo Gelar Kegiatan Tanam Pohon

Manggarai, SwaraNTT. Net – Memperingati hari ulang tahun ke 31, Perumda Air Minum Tirta Komodo Kabupaten Manggarai melaksanakan kegiatan tanam pohon, di lokasi sumber mata Air Wae Pong, Kelurahan Waso, Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai Rabu (13/04/22).

Hadir dalam Kegiatan tersebut Bupati Manggarai Herybertus GL. Nabit Unsur Forkompinda,Camat Langke Rembong, Emil Ndahur, Kodim/1612 Kabupaten Manggarai, Polres Manggarai, STIE Karya Ruteng, SMP Fransiskus Ruteng, SMK Sadar Wisata Ruteng, Unika ST. Paulus Ruteng, Kejaksaan Negeri Ruteng, Komunitas Awas.com, BNI dan BRI Ruteng. Tema yang diusung dalam kegiatan tersebut adalah, Mari Wariskan Mata Air, Bukan Air Mata.

Direktur Perumda Tirta Komodo Ruteng Marselus Sudirman dalam sambutannya menyampaikan Terima kasih kepada semua elemen yang hadir yang turut ambil bagian dalam kegiatan tanam pohon.

Lebih lanjut Marselus menjelaskan bahwa tanam pohon merupakan salah satu program unggulan Perumda Tirta Komodo. Targetnya adalah untuk setiap triwulan akan menanam 1000 pohon.

“setiap triwulan akan menanam 1000 pohon, tidak hanya di sini, nanti triwulan kedua kita pindah tempat dan triwulan ketiga, itu di seluruh sumber yang ada di Kabupaten Manggarai, setiap tahun empat kali menanam pohon” imbuhnya.

Direktur Marselus juga memaparkan di lokasi tersebut terdapat tiga sumber mata air, yaitu mata air Wae Pong, mata air Wae Mese I dan mata air Wae Mese II.

Dari ketiga mata air tersebut lanjutnya menjangkau sebanyak 42.042 jiwa di wilayah Kecamatan Langke Rembong dan sekitarnya dengan kapasitas 100 liter/detik. Tetapi lanjut Dia yang diproduksi hanya 78 liter/detik, sedangkan sisanya 22 (idel kapasitas) terkendala teknis yang lainnya. Dari sumber ini kata Dia menjangkau 6242 pelanggan.

Untuk itu Dia berharap kepada seluruh masyarakat Manggarai agar tetap menjaga kelestarian lingkungan dengan terus melakukan reboisasi, sehingga kita tidak mewarisakan air mata kepada anak cucu, melainkan mewariskan mata air.

Salah satu Warga Waso Asnselmus Jebadu saat diminta tangganya terkait kegiatan tanam pohon ini kegiatannya terus dilakukan secara kontinyu. Tanam pohon juga kata Dia harus menjangkau lokasi-lokasi yang masih kosong, salah satunya adalah kawasan Mangga poa yang terbakar beberapa waktu lalu.

Ansel juga mengajak seluruh masyarakat agar bekerja sama dalam menjaga lingkungan tetap lestari sehingga mata airpun tetap terjaga.

Angelina sinalti Delsi Mahasiswa STIE Karya mengatakan merespon positif apa yang dilakukan oleh PDAM Tirta Komodo. Hal ini kata Dia karena PDAM Tirta Komodo memiliki kontribusi yang sangat besar bagi masyarakat Manggarai terlebih khusus dalam penyediaan air minum bersih.

Baca Juga :   Soal Refocusing, Bupati Hery, Saya Mau Selamatkan Banyak Orang

Untuk Dia mengajak seluruh masyarakat agar tetap menjaga kelestarian lingkungan sehingga sumber mata air tetap terjaga.

Senada dengan Angel, Zakarias Jesan pelajar SMK Sadar Wisata Ruteng juga mengapresiasi kegiatan tanam pohon yang dilaksanakan oleh PDAM Tirta Komodo yang melibatkan berbagai elemen.

Dia juga mengaku merasa senang karena terlibat langsung dalam kegiatan tersebut, sebab lanjutnya kegiatan tersebut bermanfaat bagi banyak orang.

Sementara itu Bupati Hery Nabit menyampaikan bahwa salah satu tantangan yang dihadapi oleh Pemerintah Kabupaten Manggarai saat ini adalah ketersediaan air minum bersih bagi masyarakat. Karena itu kata Dia Pemkab Manggarai dengan komitmennya akan selalu berusaha memberikan yang terbaik bagi masyarakat Manggarai terlebih khusus penenuhan kebutuhan air bersih.

Tantangan akan ketersediaan air minum bersih ini lanjut Bupati Hery bukan saja terjadi saat ini, melainkan sudah semenjak dahulu. Tahap demi Tahap pemerintah akan menanganinya sesuai dengan kemampuan.

“Selain soal jangkauan jaringan sehingga masih banyak belum yang terlayani, juga soal debit mata air, kalau soal debit mata air, tidak ada jalan lain selain banyak menanam” ungkap Bupati Hery.

Kolaborasi kata Bupati Hery juga merupakan kunci menyelesaikan tantangan yang ada, butuh kerja sama dan sama-sama bekerja, sebab lanjut politisi PDI Perjuangan ini ada banyak pihak yang sedang menunggu untuk dilibatkan dalam pembangunan, ada banyak pihak yang sedang menunggu diajak ikut serta. Karena saat ini lanjutnya makin banyak orang yang merasa memiliki Manggarai.

“Manggarai bukan hanya milik segelintir orang, tetapi milik semua orang” katanya.

Untuk itu Dia berharap kepada Perumda Tirta Komodo agar terus menggalakan program tanam pohon.

“saya gembira dengar, setidaknya ada empat kali dalam setahun program menanam pohon” Katanya.

Bupati Hery juga menyampaikan Terima kasih kepada semua pihak, para pendahulu yang sudah ikut berperan aktif dalam menjaga dan melestarikan lingkungan juga atas kerja kerasanya sehingga Perumda Tirta Komodo berkembang dengan baik hingga saat ini.

News Feed