oleh

Radio Lumen 2003 Ruteng Lolos Evaluasi Uji Coba Siaran

Manggarai,SwaraNTT.Net – Setelah melalui proses pemberkasan yang memakan waktu begitu lama, akhirnya Radio Lumen 2003 Ruteng pada Selasa (06/10/2020), melakukan Evaluasi Uji Coba Siaran (EUCS) virtual dengan Kemenkominfo yang diwakilkan oleh Geryantika Kurnia Direktur penyiaran Kemenkominfo Republik Indonesia.

Hasil EUCS Radio yang mengudara di frekwensi 97,1 FM ini layak untuk mendapatkan Ijin Penyelenggaraan Penyiaran (IPP) tetap dari Kemenkominfo Republik Indonesia. Karena dari segi kelengkapan perangakat siar dan pemberkasan dinyatakan lengkap.

Demikian disampaikan Direktur Radio Lumen 2003 Ruteng, Pater Daniel Fallo, SVD, kepada SwaraNTT.Net di Kantor PT. Radio Lumen 2003, Jl Ulumbu, Wae Palo Ruteng Selasa (06/10/2020) siang.

Lebih lanjut Pater Daniel menjelaskan, IPP merupakan syarat mutlak yang harus dipenuhi oleh semua perusahaan yang bergerak di bidang penyiaran dan EUCS merupakan tahap terakhir untuk memperoleh IPP tetap. Sebelum IPP tetap diterbitkan lanjut Pater Dan, lembaga penyiaran bisa melakukan siaran dengan mengantongi IPP sementara.

“ya IPP itu syarat mutlak bagi perusahaan penyiaran, tanpa itu radio bersangkutan tidak bisa menyelenggarakan siaran, tetapi pemerintah tetap memberikan keringanan kepada perusahaan penyiaran untuk melakukan kegiatan dengan mengurus yang namanya IPP sementara” jelas Pater Dan.

Dengan diterbitkanya IPP tetap kata Pater Dan, maka lembaga penyiaran tersebut dinyatakan sah dan layak, untuk menjalankan kegiatan penyiaran selama jangka waktu lima tahun. Tetapi selama lima tahun tersebut Lembaga penyiaran tersebut wajib menyampaikan laporan setiap tahun kepada Kemenkominfo.

Laporan ini lanjutnya bertujuan menyampaikan perkembangan kegiatan penyiaran di lembaga tersebut, dan memperbaharui data selama lima tahun berjalan. Sehingga pada saat IPP tetap jatuh tempo, perpajangan dilakukan secara otomatis.

“laporan tersebut adalah update data selama satu tahun berjalan, selama lima tahun kegiatan siaran radio, karena bisa saja dalam perjalanan ada perubahan data,misalnya pindah alamat, atau perubahan data administrasi lainnya,dan yang terpenting adalah radionya tercatat di Kemenkominfo,sehingga pas perpanjangan IPP tetap, kita dapatnya secara otomatis” ungkapnya.

Peserta pelaksanaan EUCS dari Radio Lumen 2003 jelas Imam SVD ini, diwakilkan kepada staf IT Hironimus Haryanto.

Baca Juga :   Dibobol Maling, SDN Bea Lamba di Cibal Barat Kehilangan Laptop dan Inventer

Sementara itu Staf IT Radio Lumen 2003 Hironimus Haryanto mengatakan, pelaksanaan EUCS berjalan dengan aman dan lancar. Radio Lumen 2003 mendapat giliran yang kedua pada sesi pertama, yang dimulai dari pukul 09:45 – 10: 15 WIB.

Dia menambahkan ada 5 lembaga penyiaran yang melakukan EUCS pada sesi pertama Selasa (06/10/2020) dengan rincian, 3 stasiun radio dan 2 stasius televisi yaitu :
1. PT. Trans Berita Bisnis Dua (CNBC)
Jakarta.

2. PT. Radio Lumen 2003 Ruteng
Alamat : Jl. Ulumbu Wae Palo-Ruteng

3. PT. Dian Media Vision (Dian Media Vision), Jakarta

4. PT. Radio Amanah Berkah Pelalawan (Hit FM), Medan

5. Lembaga Radio Suara Al Akbar Suara Al Akbar Balangan (Suara Al Akbar), Banjarmasin.

Selain 5 lembaga penyiaran yang hadir pada pelaksanaan EUCS sesi pertama kata Roni, turut hadir beberapa radio dan televisi yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia yang mengikuti EUCS dan juga sekaligus berperanan sebagai saksi.

Dengan lolosnya Radio Lumen 2003 Ruteng dalam Evaluasi Uji Coba Siaran (EUCS), maka Ijin Penyelenggaraan Penyiaran (IPP) tetap resmi dikeluarkan oleh Kemenkominfo Republik Indonesia.

Penulis : Silve

News Feed