oleh

Simulasi Ujian ANBK di Manggarai Numpang Diatas Kuburan Warga

Maggarai, SwaraNTT.Net – Terkendala jaringan listrik dan sinyal internet, simulasi ujian Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) di SDN Sama Jaya, Desa Kakor Kecamatan Ruteng, Kabupaten Manggarai, digelar diatas kuburan warga.

Rio Unggut, guru di sekolah tersebut, kepada media ini mengatakan, terpaksa simulasi ANBK untuk siswa-siswi kelas V SDN Sama Jaya, numpang diatas kuburan milik warga di kampung Tongke.

“Simulasi ANBK untuk siswa-siswi SDN Sama Jaya, numpang diatas kuburan milik warga di Tongke, karena posisi sinyalnya normal,” beber Rio, kepada media ini.

Kegiatan simulasi ANBK jelas Rio, berlangsung selama dua hari sejak 28-29 September 2022, dengan jumlah peserta sebanyak 17 orang.

Menurut Rio, ujian ANBK merupakan program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan.

Selain itu kata Rio, ANBK juga menuntut sekolah menyiapkan perangkat komputer secara online.

Terkait dengan fasilitas pendukung saat simulasi ANBK berlangsung, jelas Rio, menggunakan 6 unit laptop, 2 unit diantaranya milik sekolah sementara 4 unit lainnya milik para guru.

Demi mendapatkan jaringan sinyal internet dan listrik, sebut Rio, siswa dan guru harus berjalan kaki sepanjang 1 km menuju Kampung Tongke, pasalnya pada wilayah lokasi sekolah tersebut belum tersedia jaringan listrik dan jaringan internet.

Baca Juga :   Wapres Ma'ruf  Pimpin Rapat Penanggulangan Kemiskinan Ekstrem di Provinsi NTT