oleh

SMK Elanus Ruteng Laksanakan Ujian Kompetensi Keahlian Siswa

Ruteng,Swarantt.net – Setelah melaksanakan UNBK beberapa waktu lalu, hari ini Senin (01/04/2019) SMK Elanus Ruteng melaksanakan Ujian Kompetensi Keahlian (UKK) siswa. Kepala Sekolah SMK Elanus Ruteng Bonefasius Bagus menyampaikan hal ini kepada swarantt.net disela-sela kegiatan UKK.

Tujuan dilaksanakannya UKK jelas Boni agar siswa yang tamat mendapat sertifikat berkaitan dengan keahlian (skill) yang didapat pada saat mengenyam pendidikan di SMK. Sertifikat ini lanjut Boni sesuai dengan spesifikasi bidang baik itu farmasi maupun keperawatan.

Sertifikat ini juga untuk menunjang mereka ke dunia kerja. Ditanya apakah UKK berpengaruh kepada hasil UNBK Boni menjelaskan UKK hanya berpengaruh pada akumulasi akhir setelah siswa tamat.

Sementara itu Ketua Prodi Farmasi SMK Elanus Ruteng Yohana Y. Dapi, S.Farm. Apt  kepada media ini menjelaskan Ujian Kompetensi Keahlian Farmasi SMK Elanus Ruteng diadakan tanggal 1 April-8 April 2019.

Kemampuan yg diuji meliputi Penerapan manajemen dan administrasi di bidang farmasi, khususnya di Apotek dan Rumah Sakit. Pelayanan Farmasi klinis di Apotek
Yang menjadi Aspek penilaian adalah, Aspek pengetahuan, Aspek keterampilan
dan Aspek sikap (sikap kerja)

Tujuan diadakannya UKK Farmasi lanjut Kaprodi Tuti, untuk mengukur sejauh mana pemahaman siswa dan siswi tentang tugas pokok dan fungsi tenaga farmasi di sarana pelayanan kesehatan.

Adapun tupoksi tenaga farmasi yaitu
1. Pengelolaan sediaan farmasi, alat kesehatan dan bahan medis habis pakai (meliputi; perencanaan, pengadaan, penerimaan, penyimpanan, pencatatan, pelaporan dan pemusnahan sediaan farmasi).

2. Pelayanan farmasi klinis (meliputi; pengkajian resep, dispensing, pelayanan informasi obat, konseling, home pharmacy care, pemantauan terapi obat dan monitoring efek samping obat).

Laboratorium UKK Kompetensi Farmasi SMK Elanus Ruteng

Tim penguji untuk UKK Farmasi adalah Yohana Y. Dapi, S.Farm., Apt dan Anselmus Abong, S.Si., Apt. Hasil secara umum UKK untuk kompetensi Farmasi kata Kaprodi Tuti sangat baik.

Sementara UKK Keperawatan jelas Ketua Prodi Keperawatan SMK Elanus Ruteng Ns. Yohana Y. Senaru, S.Kep tujuannya adalah untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik, memfasilitasi peserta didik yang akan menyelesaikan pendidikan dan kelulusan dari satuan pendidikan, memfasilitasi kerja sama SMK dengan instansi dalam rangka pelaksanaan uji kompetensi sesuai kebutuhan.

Baca Juga :   Kasus Positif Covid-19 di Manggarai Bertambah 14 Orang

Hasil verifikasi untuk UKK hari pertama yang dilakukan oleh tim penguji dari BLUD Ben Mboi Ns. Lucia Dionitia Trombine, S.Kep untuk UKK Kompetensi Keperawatan sama seperti tahun kemarin hasilnya baik.

Laboratorium UKK Kompetensi Keperawatan SMK Elanus Ruteng

Materi yang diuji kata Lucia adalah mengukur tanda-tanda fital yaitu  mengukur tekanan darah, menghitung denyut jantung, mengukur suhu tubuh, mengukur denyut nadi dan mengganti alat tenun yaitu mengganti sprei pasien dan selimut pasien.

Untuk diketahui Uji Kompetensi Keahlian (UKK) adalah bagian dari intervensi Pemerintah untuk menjamin mutu pendidikan pada satuan pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan.

Tujuan pelaksanaan UKK adalah untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa pada level tertentu sesuai Kompetensi Keahlian yang ditempuh selama masa pembelajaran di SMK.

Secara umum perangkat Uji Kompetensi Keahlian terdiri dari:
1. Soal Praktik Kejuruan (SPK) yaitu berupa penugasan bagi peserta uji untuk membuat atau proses dan mengerjakan suatu produk dan jasa

2. Pedoman Penilaian Soal Praktik (PPsp) adalah instrumen yang dipakai untuk memberi skor kepada setiap komponen penilaian. Lembar penilaian memuat komponen penilaian, sub-komponen penilaian, pencapaian kompetensi, dan kriteria atau rubrik penilaian.

3. Instrumen Verifikasi Penyelenggara Ujian Praktik Kejuruan (InV) yaitu instrumen yang dipakai untuk menilai kelayakan satuan pendidikan atau institusi lain sebagai tempat penyelenggaraan ujian Praktik Kejuruan.

Instrumen ini memuat standar persyaratan peralatan utama, standar persyaratan peralatan pendukung, standar persyaratan tempat atau ruang dan memuat persyaratan penguji yang terdiri atas penguji internal dan eksternal.[Silve]

Komentar

News Feed