oleh

Sumbang Mesin Giling Padi, Bank Indonesia Minta Poktan Jual Beras Ke Bulog

Manggarai Barat, SwaraNTT.Net – Bank Indonesia (BI) Perwakilan Nusa Tenggara Timur (NTT), akan menyumbangkan Mesin penggilingan padi kepada Kelompok Tani (Poktan) Tekad Makmur B di Desa Siru, Kecamatan Lembor, Kabupaten Manggarai Barat.

Mesin giling itu di berikan atas respon positif Bank Indonesia, terkait proposal Kelompok Tani Tekad Makmur B di Desa Siru.

Menindaklanjuti hal itu, maka Bank Indonesia mendatangi Poktan tersebut, Rabu (02/09/2020) untuk melakukan verifikasi administrasi dan kesiapan Poktan atas proposal pengadaan mesin giling padi yang diajukan Poktan Tekat Makmur B itu.

Yos Boli Sura, Konsultan Pengembangan UMKM BI Perwakilan NTT mengatakan, BI berkomitmen membantu petani melalui program bantuan sosial.

Lebih lanjut, kata Yos, BI dan Poktan tersebut, telah membuat suatu kesepakatan agar Poktan yang mendapatkan bantuan Penggilingan Padi tersebut wajib menjual beras kepada Bulog.

“Kami sudah membuat komitmen dengan Poktan, jika mesin penggilingan padi sudah beroperasi nantinya, Poktan akan menjual beras minimal 5 persen dari hasil produksinya kepada Bulog,” Ujar Yos.

Kepala Desa Siru, Sumardi, mengapresiasi langkah BI NTT yang telah membantu Poktan di Desanya.Karena menurut Sumardi, masyarakat di Desa Siru, Kecamatan Lembor Kabupaten Manggarai Barat, sangat membutuhkan mesin penggilingan padi tersebut.

“Saya berharap bantuan ini akan membantu petani, serta dapat memberikan dampak positif terhadap kesejahteraan petani,” ujar Sumardi.

Pada kesempatan yang sama, H. Muhammad Amin, Ketua Poktan Tekat Makmir B mengatakan, kami mengucapkan terima kasih kepada BI NTT yang mau membantu Poktan Tekad Makmur B.

Baca Juga :   Mahasiswa Asal Sumba Barat Demo Tolak Putusan Gubernur Soal Tapal Batas SB-SBD

Kunjungan pihak BI NTT pada Poktan Tekat Makmur B tersebut, dihadiri oleh PPL Pendamping Desa Siru, Muhammad Sabdir dan anggota Poktan Tekat Makmur B.

Laporan: Volta

News Feed