oleh

Terkait Nasib Tekoda Manggarai, Ini Penjelasan Bupati Hery Nabit

-DAERAH-4.087 views

Manggarai, SwaraNTT.Net Soal Tenaga Harian Lepas (THL) banyak dimensi, ada dimensi keuangan daerah ada dimensi kesejahteraan masyarakat ada dimensi lapangan kerja. Kita pertimbangkan dengan baik. Yang paling penting semua tenaga Kontrak, THL dan TPPK di Dinas Kesehatan memasukan lamaran kepada Pemerintah Daerah.

Demikian disampaikan Bupati Manggarai, Herybertus Nabit, saat jumpa Pers dengan sejumlah awak media, di Aula Nuca Lale, Kantor Bupati Manggarai, pada Jum’at ( 7/1/2022).

Untuk diketahui Tenaga Kontrak Daerah ( Tekoda ) di Kabupaten Manggarai sesuai surat perjanjian kerja telah berakhir pada 31 Desember 2021 lalu.

Kepada seluruh Tekoda, Bupati Hery, menegaskan segera masukan semua lamarannya ke Pemerintah Daerah melalui dinas terkait.

“Untuk  tenaga kontrak itu, akan kita proses sesuai dengan lamaran dan tentu sesuai dengan kebutuhan setiap pimpinan perangkat daerah.

Yang paling penting lanjut Bupati Hery, bagaimana pimpinan perangkat daerah mempertanggungjawabkan argumentasinya mempekerjakan sejumlah tenaga kerja sesuai dengan kebutuhannya.

Dari sisi pemerintah daerah, jelas Bupati Hery, harus mempertimbangkan perubahan-perubahan misalnya diakhir Tahun 2021 lalu, dari eselon IV keposisi jabatan fungsional.

“Untuk jabatan fungsional hanya punya waktu bulan Januari 2022 ini, untuk mempertimbangkan semuanya berapa banyak yang jalan dan berapa banyak yang tidak jalan. Termasuk TPPK di Dinas kesehatan yang ada 1000-an lebih itu,” terang Bupati Manggarai

Terkait dengan keberadaan TPPK lingkup dinas Kesehatan, dirinya menjelaskan, akan dikaji kembali sesuai dengan kebutuhannya.

Baca Juga :   Gubernur NTT Lantik Bupati dan Wakil Bupati 5 Kabupaten Hasil Pilkada Serentak 2020

“TPPK lingkup dinas Kesehatan harus dikaji kembali, termasuk yang ada di setiap puskesmas di Kabupaten Manggarai. Sebenarnya yang dibutuhkan dan untuk pekerjaan apa. Apakah di Dinas Kesehan dia butuhkan TPPK?, Saya kira tidak perlu,” tegas Bupati Hery

Pengurangan THL ini, bukan berarti mau merumahkan orang karena kendala anggaran tetapi soal kebutuhan birokrasi daerah.

“Saran saya untuk yang THL tenang saja, kerja seperti biasa, dan yang paling penting harus disiplin,” tegas politisi PDI Perjuangan itu.

Data kepegawaian Dinas Kesehatan Manggarai, berdasarkan data yang dihimpun media ini,  adalah; PNS: 746, Kontrak Daerah: 7, THL: 164, TPPK: 853, dan Tenaga Penunjang: 350 orang, yang tersebar di setiap Puskesmas dan Pustu.

Laporan: Ardy Leden

News Feed