oleh

Tim Satgas Dana Desa Kabupaten Manggarai, Laksanakan Monitoring DD di Desa Torongkoe

MANGGARAI, SwaraNTT.NetTim Satuan Tugas (Satgas) Dana Desa (DD) kabupaten Manggarai melakukan monitoring sistem perencanaan dan pengelolaan dana desa di desa Torongkoe kecamatan Reok Barat kabupaten Manggarai selama satu hari, Kamis (19/09/2019).

Tim Satgas DD yang hadir dalam monitoring itu di antaranya, Camat Reok Barat, Karolus Jun selaku anggota Satgas DD, Sekcam Reok Barat Henry F. Makanoneng, Bhabinkamtibmas desa Torongkoe Brigpol Stanislaus K. Tandi dan didampingi Staf kecamatan Reok Barat.

Kedatangan tim satgas ini untuk memonitoring dan mengevaluasi pengelolaan Dana Desa di Desa Torongkoe, Kecamatan Reok Barat, Kabupaten Manggarai.

Tiba di kantor desa Torongkoe, tim di sambut oleh Kepala Desa, kemudian tim langsung menggelar pertemuan dengan kepala desa, Ketua BPD, perangkat desa dan dilanjutkan dengan pemeriksaan administrasi penggunaan ADD dan DD.

Ada beberapa poin yang dimonitoring Tim Satgas Dana Desa, yakni rancangan APBDes, RPJMDes, dan RKPDes.

Tujuan dari kegiatan tersebut menurut Camat Reok Barat, agar para kepala desa serta perangkat desa yang mengelola dana desa sesuai petunjuk yang ada dan tidak ada lagi kepala desa yang masuk penjara gara-gara pengelolaan dana desa.

“Tujuan dari kegiatan ini agar para kepala desa serta perangkat desa yang mengelola dana desa sesuai petunjuk yang ada dan tidak ada lagi kepala desa yang masuk penjara gara-gara pengelolaan dana desa” Jelas Camat Karolus Jun.

Terkait dengan kendala yang luar biasa dalam pengelolaan dana desa menurut camat Reok Barat tidak ada tetapi yang menjadi persoalan adalah seluruh desa di kecamatan Reok Barat tidak ada jaringan Internet untuk menginput data harus ke kabupaten sementera jarak tempuh 3 (tiga) jam.

Welfridus Budiman selaku Ketua BPD desa Torongkoe menjelaskan kepada media ini, kehadiran satgas dana desa ini sangat positif bagi kami dan seluruh perangkat desa dimana banyak juga pengetahuan yang kami dapat dari penjelasan pak camat Reok Barat dalam pengelolaan dana desa.

Lebih lanjut kata Welfridus, semoga setiap tahun tetap diadakan kunjungan seperti ini dari satgas dana desa biar kami juga lebih paham tentang pengelolaan dana desa terutama terkait administrasi dan laporan, Ungkap Ketua BPD desa Torongkoe.

 

Baca Juga :   DPRD Kabupaten Manggarai Barat Sambut Positif Kehadiran BOPLBF

Redaksi

 

Komentar

News Feed