oleh

Tingkatkan Perekonomian Desa, Bank NTT Gelar Festival Desa Binaan di Manggarai

Manggarai, SwaraNTT.Net – Demi meningkatkan perekonomian masyarakat pedesaan, Bank NTT gelar Festival Desa Binaan.

Bank NTT sebagai Bank Pembangunan Daerah (BPD) di Provinsi NTT merupakan salah satu stakeholder yang memberikan kontribusi terhadap proses pembangunan di setiap daerah di wilayah Provinsi NTT.

Diketahui ada lima Desa Binaan Bank NTT cabang Ruteng, yang mengikuti festival, diantaranya; Desa Kajong di Kecamatan Reok Barat, Desa Lando di Kecamatan Cibal, Kecamatan Satar Mese, Kecamatan Satar Mese Barat dan salah satu Desa di Kecamatan Kelak.

Juri Festival Desa Binaan, Pius Rengka, juga sebagai staf Khusus Gubernur NTT Bidang Komunikasi Publik, mengatakan digelarnya festival tersebut dengan tujuan agar mengenal semua potensi dan kreativitas serta menggali inovasi masyarakat lokal pedesaan di NTT.

Dikatakan, Pius, Festival Desa Binaan, merupakan terobosan Gubernur NTT, Victor Laiskodat, melalui Bank NTT, untuk dorong percepatan pertumbuhan ekonomi Desa.

Selain itu jelas Pius, untuk memacu kualitas dan kuantitas pekerjaan masyarakat desa dalam usaha kecil dan menengah menjadi faktor ekonomi nantinya mendorong pertumbuhan ekonomi di pedesaan.

Untuk itu sebut Pius, di NTT, Bank NTT memiliki program kredit merdeka dengan bunga nol persen khusus untuk pelaku usaha desa binaan Bank NTT.

“Yang dimaksudkan merdeka itu, merdeka dari jaminan, merdeka bunga dan merdeka dari rentenir,” sebutnya.

Festival Desa Binaan Lando

Menurut Pius, ada keunikan dari kelompok penenun Wela Kaweng, dimana setiap hasil tenunan Songke, para penenun menjelaskan filosofi dari setiap hasil tenunan.

Baca Juga :   Ditinggal Pergi ke Hajatan Tetangga, Sebuah Rumah di Macang Pacar Hangus Terbakar Dilahap Api

“Kami baru menemukan, para penenun tidak hanya menenun, tetapi setiap hasil tenunan memiliki makna dan pesan tersendiri,” jelasnya saat ditemui media ini di lokasi Festival Desa Binaan Lando, Kecamatan Cibal.

Sementara, Pimpinan Bank NTT cabang Ruteng, Jemmi Romi D. Radjalangu, mengatakan tujuan dari kegiatan Festival Desa Binaan tersebut agar meningkatkan pertumbuhan perekonomian masyarakat desa yang Multiply Effect serta menciptakan Desa Binaan yang mandiri dan berbasis digital.

Dijelaskan Romi, Festival Desa Binaan di kabupaten Manggarai, telah berlangsung sejak tahun 2021 lalu.

Menurut Dia, untuk kelompok yang masuk dalam desa binaan, Bank NTT memberikan kemudahan berupa kredit mikro merdeka.

Dikatakan Romi, setiap Desa Binaan dilakukan pendampingan khusus oleh Bank NTT, serta hasil produk setiap kelompok, pihak Bank NTT bantu dalam pemasarannya.

Program tersebut sambung Romi, merupakan program Gubernur NTT melalui Bank NTT serta didukung juga oleh Bupati Manggarai, Hery Nabit.

Ia pun berharap, melalui festival tersebut ekonomi desa terus bangkit.

Untuk diketahui kegiatan penjurian Festival Desa Binaan berlangsung selama dua hari sejak 14-15 September 2022.