oleh

Uskup Ruteng Pimpin Misa HOSS di Paroki Beanio, Kecamatan Cibal

Ruteng, SwaraNTT. Net – Dalam rangka memperingati Hari Orang Sakit Sedunia (HOSS) ke 30, Keuskupan Ruteng menggelar Misa Kudus di Gereja Paroki St. Mikael Beanio, Desa Riung, Kecamatan Cibal, Kabupaten Manggarai, Jumat (11/02/2022).

Misa tersebut dipimpin langsung oleh Uskup Ruteng Mgr. Siprianus Hormat, Pr dan didampingi oleh RD. Herman Ando, Vikep Reo, RD. Peppy Bora, Ketua Komisi Kesehatan KR, RD. Max Larung, Pastor Paroki Beanio. Misa tersebut dilaksanakan untuk mendoakan orang-orang sakit sedunia. Perayaan berlangsung dengan penuh hikmah yang dihadiri oleh umat dari 12 stasi di Paroki tersebut.

Peringatan HOSS ke-30 yang dirayakan secara serempak oleh Gereja Universal ini, mengusung tema: “Hendaklah kamu murah hati seperti BapaMu adalah murah hati” (Luk. 6: 36).

Selain merayakan Misa Kudus, dilakukan juga kegiatan Bakti Sosial, Pengobatan dan Pemeriksaan Kesehatan Gratis oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai bersama Puskesmas Pagal. Perayaan tersebut dipimpin oleh Mgr. Sipri Hormat, bersama RD. Herman Ando, Vikep Reo, RD. Peppy Bora, Ketua Komisi Kesehatan KR, RD. Max Larung, Pastor Paroki Beanio, dan dihadiri oleh Sekda Kabupaten Manggarai bersama beberapa pejabat lainnya yang datang dari Ruteng, anggota DPRD Manggarai, Ferdi P. Naur, Panitia Perayaan HOSS Tingkat Paroki Beanio, tokoh umat, tokoh masyarakat, DPP dan DKP Paroki serta semua tenaga kesehatan dari Puskesmas Pagal dan umat Paroki Beanio.

Pastor Paroki St. Mikael Beanio RD. Max Larung saat memberikan sambutan Dalam sambutan menyampaikan terimakasih kepada Keuskupan atas kepercayaan KomKes Keuskupan Ruteng dalam menyelenggarakan kegiatan ini.

“Terimakasih atas kepercayaan Keuskupan bagi Paroki kami untuk menyukseskan moment HOSS ke-30 ini sebagai tanda bahwa, Gereja akan tetap dan selalu memperhatikan kesehatan jiwa dan raga semua umatnya, terutama melalui pengobatan dan pemeriksaan kesehatan gratis bagi umat yang sakit di sini,” tuturnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Sekretaris Daerah Kab. Manggarai, Drs. Jahang Fansy Aldus. Dia menyampaikan terimakasih dan apresiasi Pemerintah Kabupaten Manggarai atas terselenggaranya kegiatan ini. Dirinya juga mengungkapkan bahwa pemda Manggarai mendukung penuh kegiatan kemanusiaan ini melalui pihak Dinas Kesehatan, para tenaga Kesehatan dan pihak-pihak yang terlibat di dalamnya.

Baca Juga :   Kena Proyek Galian Drainase, Pipa PDAM Tirta Komodo Ruteng Bocor
Penjemputan YM. Mgr. Siprianus Hormat, Pr oleh umat Paroki Beanio, Cibal, Kabupaten Manggarai, NTT

“Peringatan HOSS adalah moment berharga untuk memberi perhatian lebih kepada orang sakit. Perayaan ini bukan hanya untuk orang sakit tetapi juga adalah perayaan seluruh umat dan masyarakat” pungkasnya.

Sekda berharap bahwa kerja kolaboratif antara Pemerintah dan Keuskupan dalam penanganan bidang Kesehatan semakin terjalin dengan lebih baik lagi di kemudian hari.

Sementara itu Uskup Ruteng, Mgr. Sipri Hormat dalam kotbahnya menegaskan bahwa sakit dan penderitaan bukanlah sebatas peristiwa atau keadaan ‘tunggal’ semata yang dialami orang sakit, tetapi merupakan peristiwa sosial.

“Praktisnya, orang yang menderita atau sakit menggerakan kita semua untuk bersikap, bertindak, berbuat sesuatu, untuk mengambil jalan keluar bersama,”ungkapnya.

“Iman dan rasa percaya yang tinggi pada Yesus, seperti dinyatakan dalam injil, menjadi alat bantu terjadinya penyembuhan dan pulihnya kegiatan HOSS ini bukan cuma dibuat di tempat ini saja tapi juga dirayakan oleh seluruh Gereja Universal, dan kehadiran kami di sini merupakan perpanjangan tangan dari Paus Fransiskus di Roma, yang turut mendoakan dan memberkati semua umat yang hadir, baik sehat maupun sakit secara psikis dan ragawi,” kata Mgr. Sipri.

Perayaan Ekaristi kudus ini untuk mendoakan orang sakit sedunia ini, disempurnakan dengan doa penyembuhan bagi semua umat dan pengurapan dengan minyak orang sakit bagi umat yang hadir. Umat yang hadir berjumlah hampir 1000 orang dengan tetap mengikuti protokol kesehatan.

Kegiatan pemeriksaan dan pengobatan gratis dilaksanakan di Kantor Desa Riung, Kecamatan Cibal dan berlangsung sampai sore hari pukul 16.00 WITA.

Cuaca mendung tidak menyurutkan animo umat untuk datang dan memeriksakan diri di tempat tersebut. Rangkaian kegiatan HOSS ke-30 tingkat Keuskupan Ruteng akhirnya ditutup secara resmi pada pukul 16.00 oleh Bapa Uskup Ruteng, Sekda Kabupaten Manggarai dan Panitia HOSS Paroki St. Mikael Beanio.

News Feed