oleh

Wabup Heri Ngabut Pantau Penanganan Pasien Isoman Covid-19 di Cibal Barat

-DAERAH-661 views

Manggarai, SwaraNTT.Net – Dalam upaya pencegahan dan penanganan wabah Corona, Wakil Bupati (Wabup) Manggarai, Heribertus Ngabut, meninjau langsung penanganan pasien akibat terinfeksi Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri di Desa Bangka Ara, Kecamatan Cibal Barat, Kabupaten Manggarai, Provinsi Nusa Tenggara Timur, pada Kamis (15/07/2021).

Dalam kunjungannya, Wabup Heribertus Ngabut, yang didampingi Kapolres Manggarai  AKBP Mas Anton Widyodigdo; Plt. Dinas Sosial Kabupaten Manggarai, Micha Octovianus Dima; Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Kabupaten Manggarai, Lodovikus D. Moa; Camat Cibal Barat, Karolus Mance dan staf lingkup Dinkes Manggarai.

Wabup Heri Ngabut, menjelaskan secara nasional kabupaten Manggarai salah satu daerah yang masuk dalam wilayah zona merah.

Untuk itu lanjut Dia, Satuan Tugas (satgas) Penanganan Covid-19 tingkat kecamatan hingga satgas Covid-19 tingkat desa harus mengawasi pasien Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri. Perangkat desa juga harus membangun koordinasi dengan pihak puskesmas untuk memantau kondisi kesehatan pasien Covid-19.

Ia juga menyebutkan, kunjungannya adalah untuk memastikan kepatuhan terhadap Protokol Kesehatan (Prokes) pencegahan penularan Covid-19 yang sampai saat ini masih terus meningkat.

Selain itu, pihaknya juga mengimbau seluruh masyarakat agar mengurangi kontak langsung yang berpotensi dapat menularkan virus corona.

“Terhitung mulai tanggal 21 Juli hingga 1 Agustus 2021, seluruh acara yang menimbulkan kerumunan akan dilarang. Hal tersebut sudah tertuang dalam Instruksi Bupati Manggarai Nomor: HK/23/2021 Tentang Penegasan Pencegahan COVID-19 di Kabupaten Manggarai, yang akan dievaluasi kembali sesuai dengan tingkat perkembangan COVID-19 di Manggarai,” tegasnya

Kepada kepala desa Bangka Ara, Wabup Heri Ngabut, juga mengingatkan, agar 8 (delapan) persen dari dana desa untuk penanganan Covid-19 di tingkat desa.

Baca Juga :   Pemprov NTT dan Kejaksaan Tinggi Dukung PPK Percepat Penyerapan Anggaran Covid 19

Ia juga memantau langsung proses evakuasi pasien isoman covid-19 di desa Bangka Ara, oleh petugas kesehatan puskesmas Wae Codi.

Camat Cibal Barat, Karolus Mance, dalam sambutannya menjelaskan seluruh desa di wilayah kecamatan Cibal Barat pada tahun 2020 terkait Covid-19 masuk dalam zona hijau. Sejak bulan April 2021 lanjutnya, wilayah kecamatan Cibal Barat masuk dalam zona merah.

Lima desa dalam zona merah sebutnya, yakni; Desa Compang Cibal, Desa Bangka Ara, Desa Lenda, Desa Golo Woi dan Desa Wae Codi

“Dari sepuluh desa yang ada di kecamatan Cibal Barat, ada lima desa yang masuk dalam zona merah,” jelasnya

News Feed