oleh

Yayasan Ayo Indonesia Gelar Pelatihan Pemutakhiran Data Penyandang Disabilitas Untuk Staf Desa

Manggarai, SwaraNTT.Net – Yayasan Ayo Indonesia bekerja sama dengan Kecamatan dan Desa Se-Kecamatan Wae Rii menggelar kegiatan pelatihan pemutakhiran data penyandang disabilitas bagi staf desa di Kecamatan Wae Ri,i Kabupaten Manggarai, NTT, yang berlangsung di Kantor Desa Longko, Sabtu (11/02/2023). Kegiatan tersebut melibatkan staf Desa dari 17 Desa yang berada di wilayah Kecamatan Wae Rii.

Direktur Yayasan Ayo Indonesia Tarsi Hurmali dalam keterangan persnya menjelaskan, pelatihan ini dilaksanakan guna meningkatkan kapasitas para staf Desa untuk mendata para penyandang disabilitas. Sehingga kata Dia pada saat melakukan pendataan, para staf Desa sudah paham tentang apa yang dilakukan dan yang tidak boleh dilakukan.

“yang jelas golnya adalah meningkatkan kapasitas para staf desa dalam mendata para penyandang disabilitas, nah dari sini kemudian menghasilkan sumber daya manusia yang sangat mumpuni” Kata Tarsi.

Lebih lanjut Dia menjelaskan dalam pelatihan tersebut para peserta diajarkan untuk menggunakan aplikasi kobocollect, yang bisa diakses tanpa menggunakan jaringan internet. Dalam aplikasi tersebut tercover 120 pertanyaan tentang disabilitas. Setelah pengisian data identitas penyandang disabilitas saat pengiriman ke server utama baru menggunakan jaringan internet.

“nama aplikasinya adalah Kobocollect, aplikasi ini bisa diakses tanpa menggunakan jaringan internet, sehingga isi dulu identitas penyandang disabilitas, baru setelah selesai pada saat kirim ke server utama baru menggunakan jaringan internet. Ada sekitar 120 pertayaan di dalamnya, pertanyaan itu sendiri merupakan pengembangan dari pertanyaan induk” jelas Tarsi.

Penggunaan aplikasi Kobocollect lanjut Tarsi, gunanya selain untuk menghemat penggunaan kertas juga adalah untuk menyajikan data yang valid.

“selain menghemat material kertas, juga mengurangi beban memikul kertas ke mana-mana, dengan aplikasi ini memudahkan petugas melakukan pendataan, cukup bawa HP android saja, dan yang terpenting adalah datanya sangat valid” Katanya.

Sementara itu Camat Wae Rii Rikardus Ampur menyampaikan terima kasihnya kepada Yayasan Ayo Indonesia, yang sudah membantu Pemda Manggarai yang sudah memberikan pelatihan kepada para staf Desa.