oleh

87 Orang Peserta Ikut Seleksi Perekrutan Petugas Operator Sistim Informasi Perhitungan Suara KPU

Ruteng,Swarantt.net – Sebanyak 87 peserta mengikuti seleksi perekrutan Operator Sistem Informasi Perhitungan Suara (Situng) di kantor KPU Kabupaten Manggarai untuk pemilu 17 April 2019, Rabu (27/03/2019).

Pantauan swarantt.net dilapangan, sebelum seleksi dimulai peserta diabsen dan diberikan arahan oleh Komisioner KPU Rikard Pentor dan Albert Efendi.

Kepada swarantt.net diruang kerjanya  Rabu (27/03/2019) Komisioner KPU Manggarai Rikard Pentor mengatakan dari 87 peserta yang ikut seleksi, yang dibutuhkan hanya 25 orang, dan akan ditempatkan di semua kecamatan di Kabupaten Manggarai. Khusus untuk  Kecamatan Langke Rembong akan ditempatkan 3 orang operator, dan sisanya akan ditempatkan di setiap kecamatan saat pelaksanaan pemilu masing-masing 2 orang operator.

Pelaksanaan seleksi dilakukan selama dua hari yaitu 27-28 Maret 2019. Adapun tahapan seleksinya yaitu seleksi administrasi, test keahlian komputer dan test wawancara.

KPU menggunakan aplikasi Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng)   jelas Rikard  yaitu untuk memastikan proses pemungutan dan rekapitulasi penghitungan suara berlangsung secara terbukan dan objektif.

Tetapi  Situng jelas Dia hanya pembanding, karena hasil resmi tetap menggunakan rekapitulasi manual dan berjenjang sesuai amanah UU.

Selain itu situng juga lanjut Rikard mendorong partisipasi masyarakat dalam mengawal hasil pemilu. Fungsi dari situng itu sendiri untuk menampilkan hasil pemungutan suara mulai tingkat tempat pemungutan suara (TPS) hingga ke tingkat pusat.

Yang terpenting dalam penggunaan aplikasi Situng adalah tepat jenis, tepat jumlah dan tepat waktu. Juga membantu untuk  mengentry data form C1-KWK.

Hanya saja, Rikard mengakui, penggunaan aplikasi ini khususnya di kabupaten  Manggarai masih terkendala jaringan internet, karena ada daerah-daerah yang masih minim akses internetnya.[Silve]

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed