oleh

Satgas Pamtas Yonif 623/BWU Latih Bela Negara Pelajar di Perbatasan

-DAERAH-334 views

NUNUKAN, SwaraNTT.Net –  Pentingnya menanamkan sikap disiplin dan cinta tanah air, Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 623/BWU melatih para pelajar SMKN 1 Simanggaris tentang bela negara di Desa Srinanti, Kecamatan Simanggaris, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara (Kaltara).

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Yonif 623/BWU, Letkol Inf Yordania S.I.P., M.Si., di Makotis, Kabupaten Nunukan, Selasa (24/11/2020).

Dansatgas mengungkapkan, kesadaran bela negara dikombinasikan dengan latihan PBB disampaikan personel Satgas yang dipimpin Danpos Simanggaris Lama Sertu Yudha Wastu beserta delapan orang personel lainnya kepada para pelajar SMKN 1 Simanggaris.

“Para pelajar mulai dari kelas 1-3 SMKN 1 Simanggaris mengikuti kegiatan tersebut. Kewajiban bela negara bukan hanya menjadi tugas prajurit TNI, tetapi seluruh warga negara Indonesia berhak dan wajib ikut serta dalam upaya bela negara, “ ujarnya.

“Penanaman semangat bela negara harus ditumbuhkan dalam diri generasi penerus bangsa termasuk para siswa sekolah, “ imbuhnya.

Di tempat yang sama, Danpos Simanggaris Lama Sertu Yudha Wastu menuturkan, kegiatan tidak hanya latihan PBB tetapi juga mengenai materi tentang bela negara, wawasan kebangsaan, wawasan nusantara, penyuluhan hukum, bahaya narkoba dan pembentukan karakter pemuda.

“Diharapkan dengan kegiatan semacam ini dapat meningkatkan kesadaran bela negara dan sikap disiplin para pelajar. Selain pembentukan sikap dan menambah wawasan, kegiatan ini juga sekaligus mempererat tali persaudaraan antara Satgas dengan warga,” imbuhnya.

Baca Juga :   Pernah Kontak Langsung dengan GE yang Positif Covid-19, 6 Orang di Cibal Barat Kembali Rapid Tes; Simak Hasilnya

Sementara itu, Kepala Sekolah SMKN 1 Simanggaris, Rusmini mengapresiasi dan menyampaikan terima kasih kepada Satgas atas materi yang diberikan dan latihan PBB tersebut.

“Kegiatan ini sangat berguna untuk menambah wawasan dan meningkatkan kedisiplinan para pelajar SMKN 1 Simanggaris, sehingga ke depannya diharapkan para siswa memiliki rasa kecintaan pada tanah air dan sebagai ujung tombak dalam membangun daerahnya, “ tukasnya. (Dispenad)

News Feed