oleh

Heri Ngabut: Manggarai Butuh Birokrasi Kuat dan Profesional

-DAERAH-2.072 views

Ruteng, Swarantt.net Heribertus Ngabut, bakal calon Wakil Bupati Manggarai periode 2020-2025 menyatakan, selama 5 tahun ke depan kabupaten itu membutuhkan sistem birokrasi yang kuat dan profesional.

Menurut dia, sistem birokrasi yang kuat dan profesional sangat dibutuhkan untuk bisa menjalankan visi dan misi seorang bupati.

“Birokrasi harus kuat, dia akan talang semua itu, dia merancang, dia eksekutor, visi misi ada, RPJMD, Renstra ada, saya selaku ASN saya mengerti itu,” kata Heri Ngabut kepada sejumlah awak media usai mendaftar di Sekretariat DPD NasDem Manggarai, Rabu (04/10/2019) sore.

Dikatakan, tulang punggung pelaksanaan visi dan misi Bupati terletak pada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Sebab itu, untuk menjalankan visi dan misi politik membutuhkan birokrasi yang kuat dan profesional.

“Karena nanti itu akibatnya bagaimana kita bisa pikirkan tentang rakyat,  ekonominya, pendidikannya, kesehatannya, isu apalagi yang lain lingkungan hidup, supermasi hukum, pariwisata dan seterusnya,” tandas dia.

Demi menjalankan semua aspek pembangunan tersebut, lanjut Heri, membutuhkan sumber daya aparatur pemerintah yang mumpuni dan tentu saja harus disertai dengan sikap profesional.

Selain kebutuhan birokrasi yang kuat dan profesional, mantan Asisten I Setda Manggarai itu menegaskan, untuk menjalankan visi dan misi Bupati tentu saja membutuhkan dana.

Kata dia, semua OPD termasuk Bupati dan Wakil Bupati harus mampu membangun komunikasi politik ke Pemerintah Pusat. Entah itu dalam bentuk DAU, DAK, dan berbagai jenis transfer Pemerintah Pusat lainnya.

Baca Juga :   Mantan Ketua DPD PKS Manggarai Keberatan Namanya Dicatut Lagi

Selain itu menurut Dia OPD juga harus menjadi motor penggerak dalam menghasilkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui pajak dan retribusi.

“OPD juga harus bisa menghasilkan uang melalui pajak, tarif retribusi selama itu ada potensinya” tutupnya

Hery Salus

Komentar

News Feed