oleh

OPAM Di Desa Watu Baur Kecamatan Reo Sudah Beroperasi

-WARTA DESA-1.174 views

MANGGARAI, SwaraNTT.net Badan Usaha Milik desa (Bumdes) di desa Watu Baur, Kecamatan Reo, kabupaten Manggarai, memiliki unit kegiatan organisasi pengelolaan air minum (OPAM) dengan sistem meteran, Selasa (26/02/2019).

Kades Watu Baur, Albinus keen Lambung, S.Sos, menceritakan, saat ini di Desanya sudah tidak kekurangan air lagi.

Kepada media ini Ia menjelaskan sejak bulan Desember 2018 BUMdes di desanya memiliki unit usaha Organisasi Pengelolaan Air Minum dengan sistem meteran.

Menurut kades Albinus, OPAM itu unit usaha Bumdes yang bergerak diusaha pelayanan air minum bersih.

OPAM Desa Watu Baur berdiri sejak tahun anggaran 2018 lalu, saat ini sudah mencapai 92 meteran sudah terpasang dari jumlah 162 KK. Tahun anggaran 2019 akan rampungkan yang sisa, Ungkap kades Watu Baur.

Lanjut kades, Albinus, pemanfaatan sumber daya air oleh desa paling tepat adalah melalui BUMDes. BUMDes adalah lembaga usaha desa yang dikelola bersama oleh masyarakat dan pemerintah desa dalam upaya memperkuat perekonomian desa.

“Melalui BUMDes dapat dikelola sumber daya air yang ada di desa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat setempat terhadap air bersih untuk minum, masak, mandi, mencuci, dan sebagainya. Semuanya diatur dan didistribusikan secara murah, adil dan merata,” kata dia.

Ia menjelaskan, ada 2 lolasi sumber air di desa Watu Baur yang beroperasi untuk OPAM saat ini yakni dari Watu Tungur dan Wae Ara.

Baca Juga :   172 PKM Desa Compang Namut Terima BLT DD

Dengan hadirnya OPAM desa, kesadaran masyarakat pengguna air dengan sistem meteran akan lebih mudah sesuai kebutuhan dasar mereka, Cetus Kades Watu Baur.

Lebih lanjut kepada media ini Ia menjelaskan, sudah hampir tiga (3) bulan sejak pertengahan bulan Desember 2018 lalu OPAM desa sudah beroperasi. Dengan berlakunya sistem pembayaran pemakaian air tentu bersamaan dengan perdes itu ditetapkan, Ungkap kades Albinus.

“sudah 3 bulan masyarakat desa watu baur sudah memanfaatkan air dengan sistem meteran tentu OPAM Desa gratiskan pemakaian sejak bulan desember sampai perdes tentang OPAM disahkan”, Ungkapnya.

Saat ini kami sudah koordinasi dengan bagian hukum pemerintah daerah kabupaten Manggarai terkait peraturan desa (perdes) tentang air minum desa dan dipastikan perdes tersebut akan ditetapkan pada bulan Maret tahun ini, Ungkap kades Albinus.

 

Komentar

News Feed