oleh

Bupati Hery, Musrenbang Bukan Saja Menyampaikan Keberhasilan Tetapi Juga Persoalan

Manggarai, SwaraNTT. Net – Bupati Manggarai Herybertus GL. Nabit membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Manggarai Tahun 2023 di Gedung MCC Ruteng, Senin (11/04/2022).

Tema yang diusung kali ini adalah Peningkatan Mutu Sumber Daya Manusia Masyarakat Manggarai yang Inklusif dan Tata Kelola Pemerintahan yang Melayani.

Ketua DPRD Kabupaten Manggarai Matias Masir dalam sambutannya berharap dengan Musrenbang ini, arah pembangunan Kabupaten Manggarai benar-benar dapat lebih sesuai dengan kebutuhan masyarakat, yang pada akhirnya terwujudnya kesejahteraan masyarakat secara merata dan berkelanjutan.

Kepala Bapeda Kabupaten Manggarai Hilarius Jonta dalam pernyataan persnya mengatakan bahwa Musrenbang kali ini berbeda dengan konsep sebelumnya. Kali ini kata Dia bersifat inklusif yaitu dengan melibatkan kelompok yang selama ini termarginalkan diantaranya kelompok Difable, ODGJ, Kelompok Perempuan, Kelompok Lansia dan Kelompok Anak Muda.

Lima kelompok ini lanjut Dia dilibatkan sejak Musrenbang tingkat Desa.

“Musrenbang kali ini beda dengan sebelumnya, sebab melibatkan lima kelompok marginal, ada kelompok difable, ODGJ, kelompok Perempuan, kelompok Lansia dan kelompok anak Muda, Mereka sudah dilibatkan sejak musrenbang tingkat Desa” ungkpanya.

Sementara itu Bupati Manggarai Hery Nabit dalam sambuatannya menyampaikan bahwa, sebagai titik awal strategis untuk kemajuan pembangunan daerah yang adil dan merata, serta memenuhi kebutuhan Masyarakat adalah Musrenbang. Musrenbang juga kata Dia merupakan moment penting dimana kelompok-kelompok yang selama ini dilupakan, bisa terlibat secara langsung dalam penyusunan perencanaan pembangunan.

“Musrenbang sebagai titik awal yang strategis untuk terlibatnya segenap komponen Masyarakat dalam penyusunan perencanaan pembangunan. Tuntutan akan kemajuan dan pembangunan daerah dan terutama percepatan pembangunan daerah semakin gencar disuarakan oleh seluruh komponen masyarakat,” katanya.

Mengingat pentingnya pembangunan yang berkualitas yang bisa memenuhi kebutuhan Masyarakat maka, pemerintah Kabupaten Manggarai lanjut Bupati Hery akan terus berusaha merencanakan pembangunan yang berkualitas, yang tentunya tetap dalam bingkai NKRI yang mengedepankan harmonisasi dalam sistem perencanaan pembangunan dan sinergitas antara lembaga.

Musrenbang lanjut Politisi PDI Perjuangan ini bertujuan untuk menyepakati permasalahan dan prioritas, untuk menyepakati program dan kegiatan pagu indikator dan target kinerja serta alokasi dan penyelarasan program dan kegiatan pembangunan daerah dengan sasaran dan prioritas pembangunan ditingkat provinsi.

Baca Juga :   KSP Kopdit Mawar Moe, Tetap Survive di Tengah Pandemi Covid-19

Verifikasi program dan kegiatan yang merupakan kewenangan daerah kabupaten dengan program dan kegiatan desa yang diusulkan berdasarkan hasil Musrenbang Kecamatan.

Bupati Hery juga mengakui bahwa masih banyak kekurangan-kekurangan yang terjadi selama ini. Karena itu Dia meminta agar semua permasalahan itu dibuka Kepada semua orang, karena kata Dia Musrenbang bukan saja tempat menyiarkan prestasi saja tetapi juga tempat memberitahukan masalah-masalah yang dihadapi sehingga bisa dicarikan jalan keluarnya.

“Mari kita buka secara terang benderang, Musrenbang seperti ini bukan tempat untuk menyiarkan prestasi saja, tetapi tempat juga memberitahukan masalah-masalah yang kita hadapi sehingga bisa dicarikan jalan keluarnya” ujar Bupati Hery.

Karena itu lanjut Bupati Hery meski ditengah keterbatasan anggaran tetaplah bekerja cerdas, demi terwujudnya masyarakat Manggarai yang Maju, Adil dan Berdaya Saing.

“Oleh karena itu dalam penyusunan RKPD tahun 2023, hal yang perlu dilakukan ialah kerja cerdas untuk menjawab tantangan tersebut melalui evalusi hasil RKPD,” imbuhnya.

“Belum lagi kita diselimuti oleh pandemi covid – 19 yang masih juga menghantui sampai dengan saat ini,” kata Bupati Hery.

Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati Manggarai Heribertus Ngabut, Sekda Kabupaten Manggarai Drs. Jahang Fansi Aldus, Ketua DPRD Kabupaten Manggarai Matias Masir, S.Pd, para Asisten, para Kepala OPD, para Camat, Kajari Ruteng, Bayu Sugiri, Ketua Pengadilan Agama, Direktur Utama BPO Labuan Bajo Flores Shana Fatina, Komisioner KIP Roman Ndau Lendong, sejumlah stakeholder, akademisi serta undangan lainnya.

 

News Feed