oleh

Presiden Jokowi, Pancasila Adalah Bintang Penuntun Indonesia

Ende, SwaraNTT. Net – Bertempat di Lapangan Pancasila Kabupaten Ende Provinsi NTT pada Rabu (01/06/2022) dilaksanakan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila. Bertindak sebagai Inspektur Upacara tersebut adalah Presiden RI Joko Widodo yang mengenakan Pakaian Adat Ende dan bertindak sebagai Komandan Upacara tersebut Komandan Brigade Infanteri/21 Komodo Kodam Udayana Kolonel Inf Tunjung Setyabudi.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut diantaranya, Ketua MPR Bambang Soesatyo, Wakil Ketua DPR Lodewijk Frederick, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia (Menko PMK) Muhadjir Effendy, Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat, Para Bupati Se-NTT serta para peserta upacara dan hadirin tamu undangan lainnya.

Presiden Jokowi dalam amanatnya mengatakan, Pancasila sebagai pemersatu bangsa juga sebagai bintang penuntun perjalanan bangsa Indonesia.

“Pancasila bukan hanya mempersatukan kita semua tetapi Pancasila menjadi bintang penuntun ketika menghadapi tantangan dan ujian. Ini sudah dikukuhkan berkali-kali dalam sejarah perjalanan bangsa bahwa bangsa kita bisa berdiri kokoh dan kuat karena berlandaskan Pancasila,” jelas Jokowi.

“Hari ini 1 Juni 2022 kita memperingati hari lahir Pancasila di Kota Ende Provinsi Nusa Tenggara Timur. Di Kota yang bersejarah ini, Bapak Proklamator Bung Karno merenungkan dan merumuskan Pancasila yang kemudian disahkan oleh PPKI sebagai Dasar Negara dan mewariskan Pancasila kepada Negara. Dari Kota Ende ini saya mengajak seluruh anak-anak bangsa dimanapun berada untuk bersama-sama membumikan Pancasila dan mengaktualisasikan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” panjang Jokowi.