oleh

Genjot Perubahan Kinerja Pelayanan, Ini Terobosan Direktur Perumda Tirta Komodo

-DAERAH-685 views

Manggarai, SwaraNTT.Net – Sejak dilantik pada 1 September 2021, Direktur Perumda Air Minum Tirta Komodo Marselus Sudirman, telah melakukan sejumlah terobosan baik dari sisi penataan sumber daya manusia (SDM) maupun aspek pelayanan untuk menjawab tuntutan perbaikan pelayanan publik pada BUMD milik Pemerintah Kabupaten Manggarai itu.

Dalam keterangan persnya, Marsel menjelaskan untuk memperbaiki kualitas pelayanan publik sejumlah perbaikan-perbaikan internal pun dilakukan agar harapan para pemangku kepentingan seperti KPM, DPRD dan masyarakat pelanggan bisa terpenuhi.

Menurut Marsel, selama tiga bulan dirinya memimpin Perumda Air Minum Tirta Komodo, ia telah telah melakukan beberapa terobosan, diantaranya, sumber daya manusia, kualitas pelayanan dan pengembangan cakupan pelayanan perusahaan.

Terkait dengan peningkatan SDM untuk para pegawai, dirinya menjelaskan telah melakukan Bimtek yang melibatkan tim pengajar profesional dari Lembaga Nusa Bunga Mandiri.

Lanjut Marsel, saat ini Perumda Air Minum Tirta Komodo telah bekerjasama dengan Akademi Tehnik Tirta Wiyata Magelang, Jawa Tengah, terkait peningkatan keterampilan pegawai bidang air minum bersih, kerja sama penerapan teknologi air minum dan kerja sama digitalisasi jaringan (SCADA) serta penurunan tingkat kehilangan air (NRW).

Untuk meningkatkan pelayanan air minum bersih, Direktur Marsel menjelaskan, telah melakukan studi banding di Perumda Tugu Tirta Kota Malang. Tugu Tirta merupakan BUMD air minum terbaik di seluruh Indonesia. Direktur Marsel diterima Direktur Perumda AM Tugu Tirta M. Noor Muhlas.

Baca Juga :   Puskesmas Lemarang di Kecamatan Reok Barat Telah Membuka Pelayanan Kesehatan

Dilanjutkannya, dalam rangka perlindungan sumber mata air, pihaknya menjajaki kerjasama dengan Polres Manggarai dan Kodim 1612/Manggarai.

Kerjasama tersebut, kata dia, tidak sebatas seperti yang disebutkan di atas.

“Tetapi juga termasuk menjaga infrastruktur air minum bersih dan penertiban pelanggan Perumda Air Minum Tirta Komodo”, ujar pria yang telah menjelajah hampir seluruh wilayah tanah air saat masih bertugas aktif di TNI AD.

Dia katakan, kerja sama dengan dua institusi tersebut menurut rencana akan direalisasikan pada tahun 2022 ini.

News Feed