oleh

Cegah Stunting, Ikatan Apoteker di Manggarai Salurkan Bantuan Susu

Manggarai, SwaraNTT.Net – Sinergitas dalam pencegahan stunting di wilayah Kabupaten Manggarai, Pengurus Cabang Ikatan Apoteker Indonesia (PC-IAI) Manggarai, memberikan bantuan berupa susu kepada sejumlah anak yang mengalami masalah stunting dari wilayah Kelurahan Wali, Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai.

Pemberian bantuan susu tersebut berlangsung di Aula Puskesmas La,o, pada Jum’at, (19/11/2022) pagi, dihadiri Kepala Puskesmas La,o Mikael Eduard Keluman, para Apoteker Cabang Manggarai, staf Kelurahan Wali dan para orang tua serta balita stunting.

Pantauan SwaraNTT.Net, dihadapan para ibu balita, para Apoteker tersebut memperagakan cara membuat susu Formula yang benar, mulai dari periksa kemasan susu Formula, cara membersihkan dot bayi, cara tuang air hangat matang ke dalam botol susu sesuai takaran yang dianjurkan di kemasan serta cara menutup rapat tutupan botol dot.

Kepada media ini, Kapus La,o Eduard, mengatakan keterlibatan multipihak menjadi penting dalam penekanan angka stunting saat ini, khususnya kehadiran IAI Cabang Manggarai.

“Saya (red, Eduard), sangat mengapresiasi karena banyak pihak yang peduli terkait persoalan stunting khususnya di wilayah kerja Puskesmas La,o,” ungkap Kapus La,o.

Eduard menyebutkan, angka stunting pada wilayah kerja Puskesmas La,o mencapai 132 orang anak.

Ia berharap, selain IAI Cabang Manggarai, bisa diikuti oleh pihak lain yang ada di Kabupaten Manggarai untuk memerangi bersama masalah stunting.

Sementara Koordinator Kegiatan, Andi Djemahu, menjelaskan pemberian susu formula ini merupakan salah satu bentuk dalam upaya mendukung program pemerintah untuk mencegah kasus stunting di Kabupaten Manggarai.

Baca Juga :   Kasus Pelecehan Seksual, Bupati Manggarai: Yang Tersisa Adalah Luka

Sebagai pengurus IAI di Kabupaten Manggarai, kata Andi, harus bahu membahu bersama Pemerintah untuk memerangi masalah stunting.

Yang menjadi wilayah sasaran dalam bantuan susu tersebut, jelas Andi, saat ini fokus di Kelurahan Wali.

Dikatakan Andi, kegiatan bantuan susu ini dilakukan sebagai bentuk perhatian serta kepedulian dari para Apoteker di Kabupaten Manggarai.

Menurut Andi, dalam pencegahan stunting ada tiga hal yang harus diperhatikan, yaitu perbaikan terhadap pola makan, pola asuh, serta perbaikan sanitasi dan akses air bersih.