oleh

Terkait Dana BOS, Bupati Hery: Komite Sekolah Jangan Mudah Tunduk pada Keinginan kepala Sekolah

-DAERAH-719 views

Manggarai, SwaraNTT.Net – Fungsikan komite sekolah dalam pemulihan sekolah, libatkan para orang tua murid melalui komite sekolah. Jangan ikut saja keinginan Kepala sekolah. Persoalan dalam pengelolaan dana BOS sering terjadi.

Demikian disampaikan, Bupati Manggarai, Herybertus Nabit, dalam arahannya setelah mengikuti upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2022, di Aula dinas Pendidikan Kabupaten Manggarai, yang digelar secara virtual oleh, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud ristek), pada Jumat (13/5).

Menurut Bupati Hery, peran komite sekolah dalam memantau pengelolaan dana BOS di setiap sekolah sangat penting.

“Jangan mudah tunduk pada keinginan kepada kepala sekolah dalam pengelolaan dana BOS, apalagi keinginan itu diluar aturan,” tegas Bupati Manggarai Hery Nabit.

Dikatakan Bupati Hery, banyak permasalahan dalam pengelolaan dana BOS karena tidak ada peran komite sekolah.

Sementara sambung dia, peran komite sekolah merupakan pihak yang diutus, pihak yang central, pihak yang kritis dan pihak yang berani bersuara, untuk kemajuan pendidikan di sekolah serta mengkontrol pengelolaan keuangan yang bersumber dari dana BOS.

Kepada seluruh kepala sekolah SD dan SMP di kabupaten Manggarai, Ia menegaskan agar hati-hati dalam pengelolaan dana BOS.

“Cukup sudah temuan setiap tahun dari pengelolaan dana BOS,” tegas Bupati Manggarai Hery Nabit.

Menurut dia, bukan soal jumlahnya sedikit atau banyaknya temuan itu, tetapi dampak dari pengelolaan keuangan negara.

Baca Juga :   Akibat COVID_19, Seorang Janda di Ruteng Mengeluh Sulit Mendapat Pekerjaan

“Jangan buat pusing diri sendiri dan buat pimpinan anda pusing, akibat perbuatan anda,” tegas Bupati Hery, kepada seluruh kepala sekolah di Kabupaten Manggarai.

Ia pun berharap, kepala sekolah sebagai pemimpin dalam pemulihan di bidang pendidikan, libatkan para orang tua murid melalui komite sekolah dalam memajukan dunia pendidikan.

“Guru menjadi pemimpin pemulihan di dunia pendidikan. Titik simpulnya ada para guru,” tutup Bupati Hery.

News Feed