oleh

KEPALA DESA CIRENG KABUPATEN MANGGARAI SUKSES KELOLA DANA DESA

RUTENG, SwaraNTT.net ~ Untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Desa, Kepala Desa Cireng Kecamatan Satar Mese Utara Kabupaten Manggarai, merealisasikan program Padat Karya Tunai yang dicanangkan oleh pemerintah pusat.

Masy. Desa Cireng terlibat dalam proses pembukaan jalan Tani

Kepala Desa Cireng, Vitus Dabut menjelaskan, “ Pembukaan badan jalan baru di Kampung Lala Dusun Lala ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat Desa Cireng, karena dapat menghubungkan rumah warga yang masih terisolir di kampung Lala”, 17/08/2018.

Dikatakannya, program ini dilakukan untuk mempermudah akses transportasi pertanian dari segala hal, dan yang terutama adalah untuk mempermudah para petani saat mengeluarkan hasil pertaniannya.

Kepala Ds. Cireng Memantau lokasi jalan baru

“Pembukaan badan jalan ini sangat dirasakan langsung oleh masyarakat Desa Cireng saat ini, dan pastinya akan memudahkan bagi Petani untuk membawa / mengangkut hasil produksi pertanian mereka dengan mengunakan mobil atau motor,” Ujar kades

Menurut Kades Vitus Dabut kepada Media ini,” Pada tahun 2018 ini program yang bersumber dari Dana Desa sebagian besar sudah terlaksana sampai saat ini seperti, pembuatan Anak Tangga Jalan dan Rabat Beton di Dusun Cireng, Pembuatan Drainase dan Tembok Penahan di Dusun Lala, pembangunan Jalan Tani baru di Kampung Lala dan Pembangunan Telford di Dusun Cireng sudah rampung”.

“Semua Pekerjaan proyek fisik dari Dana Desa wajib menggunakan sistem swakelola padat karya tunai, tidak boleh dikerjakan rekanan, pekerjaannya pun wajib masyarakat setempat, ini hal wajib yang harus dilakukan,” Ungkap Vitus Dabut

Selain itu, Ia menjelaskan program selanjutnya yang menjadi prioritas kita adalah Air Minum Bersih untuk masyarakat Desa Cireng.

Jalan Tani di Desa Cireng

Kades Cireng melanjutkan, pembangunan infrastruktur dengan cara swadaya akan meningkatkan perekonomian warga masyarakat desa. Pasalnya, akan menyerap banyak tenaga kerja. Selain itu, penghargaan masyarakat terhadap infrastruktur yang dibangun juga akan lebih tinggi karena dibangun secara bersama.

Ia mengharapkan kepada masyarakat Desa Cireng agar dapat selalu berpartisipasi dan berperan aktif mendukung Program Pemerintah Desa, supaya pembangunan di Desa Cireng dapat berjalan dengan baik. [Gusty Nathan/SN]

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *